PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI SMP NEGERI 12 LEBONG

OKTAVIA, RISKA and Hari, Sumardi and Zamzaili, Zamzaili (2022) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI SMP NEGERI 12 LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_RISKA OKTAVIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori di Kelas VIII SMP Negeri 12 Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest Only Control Groups Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Lebong tahun pelajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling untuk kelas VIII sehingga diperoleh siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 20 orang siswa dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 20 orang siswa dengan perlakuan model pembelajaran Ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori di kelas VIII SMPN 12 Lebong, dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,417 > ttabel = 1,686 dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas Jigsaw adalah 68 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas Ekspositori adalah 57,83. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:02
Last Modified: 13 Oct 2023 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16954

Actions (login required)

View Item View Item