PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI PAUD SE-GUGUS ANYELIR KOTA BENGKULU

Jiatmiko, Nurbaiti and Nasirun, Nasirun and Zahratul, Oalbi (2022) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI PAUD SE-GUGUS ANYELIR KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NURBAITI JIATMIKO (A1I018024).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode regresi dan menggunakan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru dengan jumlah 17 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Pada perhitungan koefisien determinasi diketahui pengaruh yang diberikan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru yaitu sebesar 41,5%. Sedangkan sisanya 58,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, seperti : faktor kemampuan, motivasi, status sosial ekonomi dll. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada kepala sekolah untuk mempertahankan pelaksanaan kegiatan supervisi yang telah dilakukan dan meningkatkan kegiatan supervisi, guna meningkatkan kinerja guru dengan cara menambah jadwal kunjungan pada kegiatan supervisi. Kata Kunci : Supervisi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:33
Last Modified: 19 Oct 2023 01:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17047

Actions (login required)

View Item View Item