PENGARUH PROGRAM PARENTING TERHADAP PEMAHAMAN ORANG TUA MENGENAI PEMBELAJARAN CALISTUNG ANAK KELOMPOK A DI PAUD MEKAR MELATI KECAMATAN KAUR SELATAN

SELPINA, SELPINA and Badeni, Badeni and Mona, Ardina (2022) PENGARUH PROGRAM PARENTING TERHADAP PEMAHAMAN ORANG TUA MENGENAI PEMBELAJARAN CALISTUNG ANAK KELOMPOK A DI PAUD MEKAR MELATI KECAMATAN KAUR SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SELPINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh program parenting terhadap pemahaman orang tua mengenai pembelajaran calistung anak kelompok A di PAUD Mekar Melati Kecamatan Kaur Selatan. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang tua. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus uji t dua sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman orang tua tentang pembelajaran calistung sebelum dan sesudah diberi parenting dengan taraf signifikansi 0,003 < 0,005. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi lembaga PAUD untuk melakukan parenting secara rutin dan konsisten, mengikutsertakan orang tua dalam memantau pembelajaran calistung selama di sekolah dan memberikan pemahaman tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran calistung agar terjadinya kesinambungan antara materi-materi yang diberikan di lembaga sekolah dan di rumah. Kata Kunci: Membaca, Menulis, Berhitung, Program Parenting

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:47
Last Modified: 19 Oct 2023 03:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item View Item