Valiant, Patron Batito and Seprianti, Nasution and Chairil, Praningrum (2023) ANALISA PENGARUH CONTENT MARKETING DENGAN CUSTOMER EXPERIENCE, CUSTOMER ENGAGEMENT, DAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP CUSTOMER RETENTION CLOTHING ERIGO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Text
Skripsi Patron Batito Valiant_C1B018017 - Patron Batito.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Erigo adalah merek fashion lokal Indonesia yang menjual pakaian yang dimana brand tersebut juga menjual tas dan topi untuk kalangan pria dan wanita. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh KoinWorks kepada Muhammad Saddad selaku pendiri Erigo dikanal youtube Erigo. Erigo tidak hanya melakukan bisnisnya secara online namun juga memiliki toko offline yang ada di Medan dan Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran content marketing dengan customer experience, customer engagement dan customer trust sebagai variabel intervening terhadap customer retention. Setiap variabel yang ada pada penelitian ini didefinisikan menurut para ahli dan memiliki indikator-indikator yang dapat digunakan untuk mengukur variabel-variabel tersebut, dalam membentuk hipotesis pada penelitian ini diperlukan penelitian terdahulu untuk menunjang jawaban sementara dan sebagai sumber pembanding dengan penelitian yang saat ini dilakukan. Hipotesis merupakan tanggapan sementara terhadap rumusan masalah penelitian, yang dinyatakan sebagai kalimat tanya. Ini digambarkan sebagai sementara karena solusi yang diberikan hanya didasarkan pada keyakinan yang tepat daripada fakta empiris yang dikumpulkan melalui pengumpulan data. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang terdapat pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan data primer dan memperoleh sampel sebanyak 179 responden dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dan menyebarkan kuisioner secara online. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program SmartPls versi 3.2.9. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji outer model, inner model, uji hipotesis dan pengujian efek mediasi. Hasil pada penelitian ini didapati adanya pengaruh antar variabel yaitu: Yang pertama, content marketing berpengaruh positif terhadap customer engagement dengan nilai t-statistik 25,381 >1,96 . Yang kedua, content marketing berpengaruh porsitif terhadap customer experience dengan nilai t-statistik 24,260 > 1,96. Yang ketiga, menunjukkan bahwa content marketing berpengaruh positif terhadap customer trust dengan nilai t-statistik 24,143 > 1,96. Yang keempat, adanya pengaruh positif antara content marketing terhadap customer retention dengan nilai t-statistik 18,115 > 1,96. Yang kelima, customer experience berpengaruh positif terhadap customer retention dengan nilai t-statistik 2,599 > 1,96. Pengujian yang keenam menunjukkan bahwa customer engagement berpengaruh positif terhadap customer retention dengan nilai t-statistik 3,620 > 1,96. Yang ketujuh, customer trust berpengaruh positif terhadap customer retention dengan nilai t-statistik 4,876 > 1,96. Serta customer experience memediasi hubungan antara content marketing dengan customer retention dengan nilai t-statistik 2,547 > 1,96, customer engagement memediasi hubungan antara content marketing dengan customer retention dengan nilai t-statistik 3,667 > 1,96 dan customer trust memediasi hubungan antara content marketing dengan customer retention dengan nilai t-statistik 4,782 > 1,96. Upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan yaitu dengan memuat isi konten yang dapat dipecaya dan mudah untuk dimengerti, dimana saat ini content marketing sangatlah efektif untuk menarik perhatian konsumen. Pada hasil penelitian, indikator mengenai daya tarik, informasi, fungsi dan konten yang mudah dipahami dapat membantu untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dan memberikan pelangalaman terhadap suatu konten. Erigo harus memaksimalkan kegiatan konten pemasaran dengan memperhatikan, Jangkauan dan keterlibatan yaitu memastikan bahwa audiens mengenal dengan baik suatu produk dan kesan daya tarik konten yaitu memastikan bahwa memiliki konten-konten iklan produk yang menarik dan memiliki style dan selera yang disukai audiens. Kata kunci : Konten pemasaran, pengalaman pelanggan, keterlibatan pelanggan, kepercayaan pelanggan, dan retensi pelanggan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 08:55 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 08:55 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17138 |
Actions (login required)
View Item |