PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA BERBASIS SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR

KAUTSAR, NABILA HISYAMA and Seftyarizki, Debby and Ashary, Amin Shody (2023) PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA BERBASIS SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Nabila G1E018031 - Nabila Hisyama Kautsar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Keterbatasan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus mengharuskan mereka menyandang pendidikan dengan cara dan sistem yang berbeda dengan anak pada umumnya. Sementara itu anak berkebutuhan khusus masih perlu pendidikan yang setara dengan anak normal. Pendidikan ini membutuhkan implementasi khusus terhadap karakteristik siswa nya. Berdasarkan karakteristik dalam beberapa aspek desain untuk anak berkebutuhan khusus diperlukan untuk meningkatkan kenyamanan fisik serta psikologis penggunanya sehingga anak berkebutuhan khusus dapat merasa aman dan nyaman dalam proses pengembangan sensomotorik Ketika berada di lingkungan sekolah. Salah satu metode pengembangan yang diterapkan ialah menggunakan alam sebagai alat serta tempat dalam pengembangan sensomotorik peserta didik berkebutuhan khusus. Metode ini diharapkan dapat menjadi media penghantar dan pengembangan pengetahuan serta kemampuan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus. Metode desain yang tampaknya tepat untuk diterapkan pada perancangan sekolah ini adalah pendekatan Psikologi Arsitektur yang berfokus pada psikologi anak berkebutuhan khusus. Penerapan psikologi arsitektur sebagai metode desain yang digunakan di sekolah ini diolah berdasarkan karakteristik pengguna dengan beberapa jenis kebutuhan khusus seperti tuna netra, nuta rungu, tuna grahita, dan tuna daksa. Penerapan pendekatan psikologi arsitektur juga diletakkan pada beberapa aspek seperti penggunaan material, penggunaan warna bangunan, perletakkan zonasi ruang, dan pencapaian ruang Kata kunci: Sekolah Alam, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Psikologi Arsitektur, Disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:36
Last Modified: 20 Nov 2023 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17259

Actions (login required)

View Item View Item