EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DITINJAU DARI ASPEK HAMBATAN SAMPING (Studi Kasus: Jln. Salak Raya dan Jln. Mahakam, Kota Bengkulu)

LESTARI, MELATI INDAH and Bahri, Samsul and Razali, Makmun Reza (2023) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DITINJAU DARI ASPEK HAMBATAN SAMPING (Studi Kasus: Jln. Salak Raya dan Jln. Mahakam, Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Melati Indah Lestari (G1B018028)_compressed - Melati Indah Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan hambatan samping yang sering ditemui pada beberapa ruas jalan di Kota Bengkulu, diantaranya yaitu ruas Jalan Salak Raya dan ruas Jalan Mahakam. Ruas Jalan Salak Raya dan ruas Jalan Mahakam merupakan kawasan perdagangan dan pendidikan dengan lahan samping jalan berupa pertokoan dan Pasar, sehingga pada ruas jalan ini memiliki aktivitas lalu lintas dan hambatan samping yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada ruas Jalan Salak Raya dan ruas Jalan Mahakam yang ditinjau dari aspek hambatan samping. Penelitian ini menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kinerja ruas Jalan Salak Raya pada kondisi eksisting yaitu volume lalu lintas maksimum terjadi pada hari Senin pukul 17.15-17.30 WIB dengan total volume sebesar 2253,6 skr/jam, hambatan samping berada pada kelas Sangat Tinggi dengan bobot sebesar 1179,2 kejadian, kecepatan arus bebas 34,40 km/jam, kapasitas jalan 3182,63 skr/jam, dan derajat kejenuhan yaitu 0,71, serta kecepatan tempuh 26,30 km/jam. Sehingga berdasarkan Peraturan Menteri No.96 Tahun 2015 dikatakan bawah Jalan Salak Raya berada pada tingkat pelayanan E. Kinerja ruas Jalan Mahakam pada kondisi eksisting diperolah nilai volume lalu lintas puncak pada hari Senin pukul 07.00-07.15 WIB dengan total volume lalu lintas sebesar 1876 skr/jam, hambatan samping berada pada kelas Sangat Tinggi yaitu 570,7 kejadian, kecepatan arus bebas 28,31 km/jam, kecepatan tempuh kendaraan 23,55 km/jam, kapasitas jalan 3077,71 skr/jam, dan derajat kejenuhan yaitu 0,61, sehingga Jalan Mahakam berada pada tingkat pelayanan E. Hal ini menunjukan perlu adanya solusi untuk mengurangi faktor hambatan samping. Hasil skenario 3 yaitu meniadakan faktor kendaraan parkir dan pejalan kaki di badan jalan didapat bahwa kapasitas Jalan Salak Raya meningkat 1,4% dan Kapasitas Jalan Mahakam meningkat 2,1%. Kata Kunci: Hambatan samping, kinerja ruas jalan, PKJI 2014.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:54
Last Modified: 21 Nov 2023 02:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17316

Actions (login required)

View Item View Item