ANALISIS DAN PERANCANGAN BUCK BOOST CONVERTER MENGGUNAKAN METODE PWM (PULSE WIDTH MODULATION) PADA INSTALASI LISTRIK RUMAH ENERGI TERBARUKAN (RET)

WIJAYA, WINDRA ARTA and Herawati, Afriyastuti and Rinaldi, Reza Satria (2023) ANALISIS DAN PERANCANGAN BUCK BOOST CONVERTER MENGGUNAKAN METODE PWM (PULSE WIDTH MODULATION) PADA INSTALASI LISTRIK RUMAH ENERGI TERBARUKAN (RET). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WINDRA ARTA WIJAYA (G1D017002) - Windra arta Wijaya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Rumah Energi telah memberikan akses energi terbarukan dan ketahanan pangan untuk masyarakat Indonesia. Krisisnya energi sekarang ini memicu manusia untuk dapat mengembangkan energi alternatif. Salah satu energi alternatif yang terus berkembang adalah photovoltaic. Buck-boost converter adalah satu satu rangkaian elektronika daya yang dapat menstabilkan tegangan keluaran pada panel surya. Pada saat ini mode pensaklaran dengan pengaturan pulse width modulation PWM (Pulse Width Modulation) banyak digunakan karena memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem catu daya linear. Keluaran buck- boost converter tanpa pengendali masih banyak riak pada induktor dan overshot tegangan tinggi. Dengan mengunakan metode PWM (Pulse Width Modulation) dan pengendali arduino diharapkan mampu memperbaiki keluaran pada buck-boost converter. Berdasarkan perancangan dengan pengaturan PWM (Pulse Width Modulation) pada buck-boost converter dapat menghasilkan efisiensi yang baik yaitu sebesar 92% pada beban lampu dimana buck-boost converter mampu menerima inputan dari 6V -12V yang menghasilkan tegangan output 2V- 49,2V dengan ini, kinerja dari pengaturan PWM (Pulse Width Modulation) dapat menghasilkan efisiensi yang tinggi pada sistem Rumah Energi Terbarukan (RET). Kata Kunci: Photovoltaic, Buck-boost converter, Pulse Width Modulation, Pengendali Arduino.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:47
Last Modified: 21 Nov 2023 07:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17342

Actions (login required)

View Item View Item