ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT DAMPAK PENGALIHAN RUTE KARENA PUTUSNYA RUAS JALAN MAYJEN SUTOYO KOTA BENGKULU

PRATAMA, REYNALDI and Hardiansyah, Hardiansyah and Rosa, Khairul Amri (2023) ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT DAMPAK PENGALIHAN RUTE KARENA PUTUSNYA RUAS JALAN MAYJEN SUTOYO KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI REYNALDI PRATAMA G1B018092 - reynaldi pratama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Jalan Mayjen Sutoyo berstatus jalan provinsi merupakan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer. Hal tersebut menimbulkan pergerakan arus lalu lintas kendaraan yang tinggi akibat dari banyaknya kendaraan yang melewati jalan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pergerakan harian, kinerja harian pada kondisi normal dan perubahannya kinerja saat pengalihan rute jalan terjadi, serta penangan yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak yang mungkin terjadi karena pengalihan rute jalan. Penelitian ini menggunakan software ZIN Macrosimulation yang menerapkan metode all or�nothing. Hasil pemodelan kondisi arus eksisting menggunakan ZIN Macrosimulation diperoleh R2 sebesar 0,8097, hal ini menunjukan bahwa hasil pemodelan arus lalu lintas telah sesuai dengan kondisi arus lalu lintas di lapangan. Nilai Dj kondisi eksisting pada setiap ruas jalan yang diteliti adalah berkisar antara 0,28-0,82 dengan tingkat pelayanan yang bervariasi. Saat pengalihan rute terjadi peningkatan nilai Dj pada beberapa ruas jalan sebesar 51%-180%, dikarenakan adanya perpindahan arus kendaraan. Hasil dari skenario 1 pada jalan Danau, Seruni, Indragiri, dan Pembangunan diperoleh nilai derajat kejenuhan turun berkisar antara 12%-50%. Hasil dari skenario 2 pada jalan Danau, Pembangunan, Indragiri, Seruni, dan Flamboyan diperoleh nilai derajat kejenuhan turun berkisar antara 14%-51%. Berdasarkan hasil tersebut skenario 1 dan 2 dapat digunakan untuk mengatasi dampak yang terjadi akibat pengalihan rute. Kata - kata kunci : jaringan jalan, PKJI 2014, tingkat pelayanan, pemodelan, ZIN Macrosimulation

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:28
Last Modified: 22 Nov 2023 02:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17369

Actions (login required)

View Item View Item