PENGARUH PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA PEKERJA PROYEK KONSTRUKSI (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Ketenong 2 - Sebelat Ulu, Kabupaten Lebong STA 2+500)

PATIKKO, YUSUF and Supriani, Fepy and Misliniyati, Rena (2023) PENGARUH PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KINERJA PEKERJA PROYEK KONSTRUKSI (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Ketenong 2 - Sebelat Ulu, Kabupaten Lebong STA 2+500). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI YUSUF PATIKKO G1B018103 (FINAL) - Yusuf Patikko.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Proyek konstruksi merupakan salah satu sektor yang paling besar resikonya mengalami kecelakaan kerja. Setiap tahun di proyek jalan selalu terjadi kecelakaan dalam pekerjaan proyek konstruksi yang dapat mempengaruhi kinerja pekerja proyek, dari kecelakaan tersebut ada yang mengakibatkan kematian, cacat sebagian, cacat permanen, dan sebagian besar menyebabkan tidak dapat bekerja untuk sementara waktu. Masalah yang sering terjadi pada proyek jalan salah satunya adalah kinerja tenaga kerja yang rendah. Tujuan dari Penelitian ini untuk mendapatkan korelasi dan pengaruh penerapan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kinerja pekerja proyek konstruksi Pembangunan Jalan Ketenong 2-Sebelat Ulu, Kabupaten Lebong. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 23 pekerja. Pengolahan data dan analisis data menggunakan program analisa SPSS 25. Pengolahan data meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk mendapatkan nilai koefisien korelasi dan koefisien determinasi (R Square) variabel bebas faktor pendukung K3 (X1) dan faktor pekerja proyek (X2) serta variabel terikat kinerja pekerja (Y). Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara faktor keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kinerja pekerja dengan nilai pearson correlation untuk faktor keselamatan dan kesehatan kerja sebesar 0,915. Dari hasil analisis terdapat pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Persentase hasil penelitian yaitu variabel faktor pendukung K3 (X1) memiliki pengaruh sebesar 46,9% terhadap variabel kinerja pekerja (Y) dan variabel faktor pekerja (X2) memiliki pengaruh sebesar 36,7% terhadap variabel kinerja pekerja (Y) sehingga keseluruhan pengaruh keselamatan dan kesehatan terhadap kinerja pekerja sebesar 83,6 % sedangkan nilai sebesar 16,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian. Kata Kunci : Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kinerja Pekerja, Analisis Regresi Linier Berganda.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:35
Last Modified: 22 Nov 2023 02:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17370

Actions (login required)

View Item View Item