STRATEGI PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH (Studi Kasus : PILKADA Kota Bengkulu Tahun 2007)

Xler , Dempo and Titiek , Kartika Hendrastiti and Syamsurizal, Syamsurizal (2011) STRATEGI PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH (Studi Kasus : PILKADA Kota Bengkulu Tahun 2007). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
STRATEGI PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini ialah ketertarikan peneliti terhadap strategi yang digunakan pasangan Ahmad Kanedi dan Edison Simbolon dalam memenangkan pilkada tahun 2007. Menurut para ahli, sebuah pencapaian harus melalui strategi yang matang guna tercapainya tujuan yang diinginkan seperti halnya dalam politik. Strategi menjadi hal yang sangat penting dalam upaya memenangkan suara dalam suatu pemilihan. Maka dari itu, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai strategi apa yang digunakan dan bagaimana pasangan kandidat bersama tim pemenangannya menjalankan strategi tersebut dalam rangka melakukan persuasi kepada masyarakat untuk mendapatkan dukungan, sehingga pasangan tersebut muncul sebagai pasangan terpilih pada pilkada Kota Bengkulu tahun 2007. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ”Bagaimana strategi yang digunakan oleh kandidat pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ahmad Kanedi dan Edison Simbolon bersama tim pemenangannya pada Pilkada Kota Bengkulu tahun 2007 sehingga pasangan tersebut keluar sebagai pasangan calon terpilih ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pasangan kandidat Calon Walikota dan Wakil Walikota Ahmad Kanedi - Edison Simbolon bersama tim pemenangannya sehingga pasangan tersebut keluar sebagai pemenang, untuk mengetahui pelaksanaan strategi yang dilakukan oleh pasangan kandidat bersama tim pemenangannya dalam menjalankan strategi yang telah disusun sebelumnya, untuk mengetahui hambatan atau kendala yang pernah dialami oleh pasangan kandidat bersama tim pemenangan pada saat menjalankan strategi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Strategi yang digunakan oleh pasangan Ahmad Kanedy dan Edison Simbolon bersama Tim pemenangannya ketika menghadapi masyarakat Kota Bengkulu dalam rangka menghimpun massa untuk memperoleh dukungan yaitu menggunakan tahapan-tahapan strategi seperti pada startegi pemasaran yang terdiri dari tahap segmentasi, tahap targeting, dan tahap positioning, dimana masing-masing tahapan strategi tersebut pendekatan emosional lebih banyak digunakan. Pada tahap pelaksanaan strategi pasangan Ahmad Kanedy dan Edison Simbolon pada awalnya sudah mempunyai massa base-partisan yang berasal dari kelompok etnis, terutama berasal dari etnis Serawai, etnis Padang dan Medan yang dijadikan modal bagi pasangan Ahmad Kanedy dan Edison Simbolon. Base-partisan tersebut sudah dimiliki dan dibangun sebelum pelaksanaan pimilihan Kepala Daerah langsung. Dalam menjalankan strateginya ternyata pasanganAhmad Kanedy dan Edison Simbolon bersama tim pemenangannya tidak menemukan kendala-kendala atau hambatan yang berarti pada pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 19 Nov 2013 22:52
Last Modified: 19 Nov 2013 22:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1738

Actions (login required)

View Item View Item