PERSEPSI KAUM MUSLIM TERHADAP LAYANAN APLIKASI MUSLIM PRO: PENERAPAN EXTENDED TAM

Jannah, Miftahul and Lizar, Alfansi and Effed, Darta Hadi (2023) PERSEPSI KAUM MUSLIM TERHADAP LAYANAN APLIKASI MUSLIM PRO: PENERAPAN EXTENDED TAM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PERSEPSI KAUM MUSLIM TERHADAP LAYANAN APLIKASI MUSLIM PRO PENERAPAN EXTENDED TAM_compressed - miftahul jannah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehadiran teknologi dalam era revolusi industri 4.0 dianggap sebagai salah satu manifestasi perkembangan teknologi secara esensial tidak dapat dipisahkan dari dinamika kehidupan manusia dalam segala bidang. Termasuk praktik keberagamaan individu. Teknologi secara fungsional dapat menjadi media alternatif dalam mendukung, memudahkan dan meningkatkan pengalaman religiusitas individu dengan berbagai manifestasinya. Diantara banyaknya aplikasi layanan muslim untuk kemudahan beribadah di Indonesia, aplikasi Muslim Pro merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan. Penelitian ini menguji model empiris dari behavior intention yang dipengaruhi oleh perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward using, perceived enjoyment, religiosity, dan subjective norms. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online dengan menggunakan google form. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode snowball sampling. Kuesioner mendapatkan 240 responden. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling dengan bantuan alat uji IBM SPSS AMOS 22.0 for Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap attitude toward using. 2) perceived usefulness berpengaruh terhadap attitude toward using. 3) Perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap behavior intention. 4) attitude toward using berpengaruh terhadap behavior intention. 5) perceived usefulness berpengaruh terhadap behavior intention. 6) Perceived enjoyment berpengaruh terhadap behavior intention. 7) subjective norm berpengaruh terhadap behavior intention. 8) attitude toward using memediasi pengaruh antara perceived ease of use dan behavior intention. 9) attitude toward using memediasi pengaruh antara perceived usefulness dan behavior intention. 10) Religiusitas memoderasi hubungan antara attitude toward using dengan behavior intention. Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi penyedia layanan aplikasi Muslim Pro yaitu untuk terus meningkatkan strategi untuk mempertahankan persepsi yang baik dari pengguna dan meningkatkan layanan agar tingkat niat perilaku pengguna tetap tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:38
Last Modified: 17 Jan 2024 07:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17429

Actions (login required)

View Item View Item