IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KEPAHIANG NOMOR 03 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI PERIZINAN TERTENTU (Studi Perizinan Mendirikan Gedung Sarang Walet )

Novita, Jerian and Mirza, Yasben and Nursanty, Nursanty (2021) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KEPAHIANG NOMOR 03 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI PERIZINAN TERTENTU (Studi Perizinan Mendirikan Gedung Sarang Walet ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI JERIAN NOVITA.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Perizinan mendirikan bangunan gedung sarang walet merupakan salah satu legalitas yang harus didapatkan oleh para pengusaha penangkaran sarang walet. Tujuan perizinan mendirikan bangunan gedung sarang walet untuk melakukan penertiban terhadap pengusaha burung walet agar tercipta tertib administrasi dan ketaatan pemilik usaha terhadap peraturan yang telah ditetapkan. Penelitian dengan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi yaitu mengamati secara langsung objek yang diteliti serta wawancara dengan pedoman wawancara dan dokumnetasi dengan pengumpulan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Dengan hasil penelitian yang dikaji berdasarkan empat aspek dengan penekanan pada model implementasi Edward George III yang terdapat empat aspek yang menentukan keberhasilan suatu kebijakan yakni Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi dan Struktur Birokrasi. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kepahiang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kepahiang Nomor 03 Tahun 2011 Tentang Retribusi Perizinan Tertentu (studi perizinan mendirikan gedung sarang walet) belum maksimal dilihat dari komunikasi dalam menyampaikan kebijakan melalui sosialisasi belum maksimal, sumberdaya manusia DPM-PTSP Kabupaten Kepahiang belum memadai masih kekurangan staf pegawai, sumber daya anggaran DPM-PTSP Kepahiang tidak memadai dan fasilitas kendaraan masih kurang. Sehingga kesimpulan yang dapat dikatakan bahwa DPM-PTSP Kabupaten Kepahiang belum maksimal dalam mengimplementasikan perizinan retribusi tertentu khusunya perizinan mendirikan bangunan gedung sarang walet.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:29
Last Modified: 23 Jan 2024 07:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17447

Actions (login required)

View Item View Item