PENGARUH VARIABEL SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI INDONESIA

Nauli, Arthika and Syaiful, Izharuddin and Sularsih, Rusdi (2024) PENGARUH VARIABEL SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM DI INDONESIA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, dan dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Internet secara signifikan mempengaruhi banyak interaksi manusia, hal ini membentuk bagaimana orang berbagi informasi dan menciptakan perilaku bisnis yang baru, termasuk UMKM. Di era digitalisasi 4.0 yang akan menunju ke 5.0, saat ini, merupakan peluang bagi UMKM dalam pengembangan dan penggunaan media baru dalam komunikasi pemasaran. Apalagi dengan berkembangnya media sosial, komunikasi pemasaran berbasis internet menjadi lebih mudah dan murah. Hal itu juga mendorong kreativitas untuk menciptakan konvergensi strategi dalam komunikasi pemasaran. Penggunaan media sosial ini dapat menjadi solusi pengembangan pemasaran UMKM dalam skala lokal, nasional maupun global. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh variabel social media marketing terhadap kinerja pemasaran UMKM di Indonesia pada masa pandemic Covid-19. Penelitian ini mengaplikasikan teori social media marketing yang dapat menjelaskan peranan internet dalam kegiatan pemasaran di era teknologi informasi yang semakin maju. Stanton (2005) menjelaskan bahwa perkembangan teknologi telah merubah bentuk saluran distribusi dari manual ke digital (zero level). Menurut Rayport dan J.Jaworski (2003), ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pemasaran, yaitu context, merupakan tampilan muka dari situs yang mencerminkan nilai keindahan dan kegunaan dari situs tersebut’ content, yaitu merupakan semua objek digital yang terdapat dalam sebuah web baik dalam bentuk audio, video, image ataupun text, community merupakan ikatan hubungan yang terjadi antara sesama pengunjung atau pelanggan dari sebuah website karena adanya kesamaan minat atau hobi, dan connection yaitu kemampuan sebuah website untuk berpindah dari sebuah webpage ke webpage lainnya ataupun website lainnya dengan onclick baik pada text, images maupun toolbars yang lain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian ini adalah pelaku UMKM di Indonesia yang menggunakan media sosial dalam pemasaran produk yang berjumlah 205 orang diambil dengan teknik non probability sampling. Responden didapatkan dengan menyebarkan kuesioner online. Metode analisis data

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:32
Last Modified: 02 Feb 2024 08:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17454

Actions (login required)

View Item View Item