PERAN MEDIASI PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP PERAN MEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DALAM PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) DI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PT. BANK BENGKULU

Hudaidah, Hudaidah and Fahrudin, Nasution and Sugeng, Susetyo (2024) PERAN MEDIASI PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP PERAN MEDIASI KOMITMEN ORGANISASIONAL PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DALAM PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) DI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PT. BANK BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi HUDAIDAH (C1B016014).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Bank Pembangunan Daerah Bengkulu didirikan pada tanggal 9 Agustus 1969 berdasarkan Surat Keputusan p.d. Gubernur Penguasa Daerah Propinsi Bengkulu Nomor : 08/14/EKU/1969 yang disahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Nomor : D-15-6.1.25 tanggal 17 Mei 1970. Bank Bengkulu merupakan perusahaan yang menawarkan produk jasa. Dimana, sumber daya manusia akan menempati posisi strategis di antara sumber daya lainnya yang dimiliki oleh perusahaan. Tanpa sumber daya manusia yang berkualitas, sumber daya lain yang dimiliki oleh perusahaan tidak dapat dimanfaatkan apalagi untuk dikelola menjadi suatu produk. Sehingga, kemampuan teknis, teoritis, konseptual moral dari semua tingkat pekerjaan akan sangat dibutuhkan. Lebih lanjut, keberhasilan suatu perusahaan juga ditentukan dengan sikap organizational citizenship behavior yang dimiliki oleh karyawan perusahaan, karena organizational citizenship behavior merupakan suatu bentuk kecintaan, loyalitas, dan rasa memiliki yang tinggi dari anggota organisasi. Dimana, karyawan perusahaan yang memiliki organizational citizenship behavior yang tinggi akan bersedia dengan senang hati dan sukarela untuk membantu rekan kerjanya yang sedang mengalami kesulitan demi kepentingan pencapaian tujuan dan target dari perusahaan. Oleh sebab itu, dengan mendorong terciptanya suatu kepuasan kerja, akan dapat menjadi motivasi tersendiri bagi karyawan untuk tetap tinggal dan berkomitmen terhadap perusahaan tersebut, yang secara tidak langsung di nilai mampu untuk menumbuhkan perilaku atau sikap organizational citizenship behavior pada karyawan perusahaan. Adapun, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behaviour, (2) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional, (3) Untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behaviour, (4) Untuk menganalisis peran mediasi komitmen organisasional dalam pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behaviour.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:39
Last Modified: 07 Feb 2024 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17513

Actions (login required)

View Item View Item