Angelia, Monisa and Sularsih, Nugroho and Rina, Suthia Hayu (2024) PERAN TRUST PADA PENGARUH ONLINE CUSTOMERS REVIEW DAN RATING TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK HALAL COSMETIC DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Tesis Monisa Angelia - Full_compressed.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Pertumbuhan dari e-commerce telah membuat customer review dan rating sebagai sumber informasi utama bagi pelanggan, retailer/penjual dan juga produsen. Di satu sisi, customer review dan customer rating yang disumbangkan oleh pelanggan di online shop akan memberikan informasi bagi calon konsumen, sehingga mengurangi rasa ketidakpastian mereka tentang produk. Selain itu customer rating adalah salah satu fitur yang penting dan wajib ada selain product review atau user review. Customer rating sangat penting untuk sistem recommender di e-commerce dalam rangka untuk memberikan rekomendasi kualitas dari suatu produk secara personal. Namun pengguna dapat kekurangan motivasi untuk melakukan rating ini dengan alasan kenapa mereka harus repot-repot melaporkan pengalamannya kepada orang lain, selain itu rating ini juga baru bisa diberikan apabila kita telah mencoba dan membeli barang tersebut. Cara kerja dari review-review ini mirip dengan cara kerja pada word of mouth dimana, pengendaliannya tidak dapat dilakukan sehingga penelitian mengenai hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para pebisnis. Pada penelitian ini, model yang digunakan adalah model TPB (Azjen, 1991) dan TAM (Davis, 1989) sebagai landasan keperilakuan dari konsumen e-commerce. Keterkaitan penelitian ini dengan teori TPB dan TAM adalah adanya aspek perilaku yang mengontrol dari keinginan konsumen untuk mengambil tindakan pembelian menggunakan teknologi informasi (online). Pada penelitian, ini keinginan konsumen pada pembelian diproksikan niat membeli (intention to purchase) merupakan salah satu dari wujud perilaku konsumen, baik untuk secara konvensional (offline shop) maupun online shop. Perilaku ini tentu saja dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti customer review, rating dan trust. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian ini adalah konsumen e-commerce halal cosmetic di Indonesia, yang berjumlah 200 orang diambil dengan teknik accidental sampling. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis partial least square (PLS). Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil bahwa: (1) Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan (trust) konsumen. Hasil ini berarti bahwa jika semakin baik OCR yang diberikan oleh konsumen lainnya pada produk halal cosmetic pada platform e-commerce, maka semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan e-commerce yang dimaksudkan; (2) Customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan (trust) konsumen. Hasil ini berarti bahwa jika semakin tinggi CR yang diberikan oleh konsumen lainnya pada produk halal cosmetic pada platform e-commerce, maka semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan e-commerce yang dimaksudkan. Rating pada platform e-commerce adalah pemberian notasi atau tanda ‘bintang’ pada ulasan (review) produk yang telah dibeli oleh seorang konsumen pada platform e-commerce tertentu; (3) Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat konsumen untuk berbelanja (purchase intention). Hasil ini berarti bahwa jika semakin tinggi kepercayaan konsumen baik pada produk halal cosmetic maupun pada platform e-commerce, maka semakin tinggi pula minat konsumen untuk berbelanja produk pada platform e-commerce tersebut dan (4) Trust memiliki peran mediasi pada pengaruh online customer review terhadap niat konsumen untuk berbelanja (purchase intention) produk halal cosmetic secara online. Hasil ini berarti bahwa jika semakin positif OCR tentang produk akan menambah kepercayaan konsumen sehingga akan meningkatkan minat konsumen untuk berbelanja produk pada platform e-commerce. Efek mediasi dari kepercayaan (trust) konsumen adalah partially mediation. Artinya OCR sendiri memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap niat konsumen untuk berbelanja (purchase intention) walaupun tanpa kepercayaan. Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, beberapa saran yang dapat diberikan adalah: (1) Bagi online marketplace hendaknya terus mendorong kepada pelanggannya untuk memberikan review dan rating tidak hanya pada produk yang dijual secara online maupun terhadap service platform e-commernya-nya. Hal ini dapat menjadi evaluasi untuk meningkatkan kepercayaan dan daya tarik konsumen untuk terus berbelanja pada online marketplace-nya; (2) Online marketplace harus membina para penjual yang tergabung dalam online marketplace-nya untuk memberikan dan selalu menjaga kepercayaan konsumen; (3) Online marketplace juga harus menyaring siapa saja yang boleh berjualan di website mereka, agar nantinya tidak merusak image online marketplace dan menghancurkan trust konsumen/pelanggan dan (4) Online marketplace juga harus dapat meng-counter fake account atau akun palsu yang mengisi review dan rating produk tertentu untuk mendongkrak popularitas produk, namun tidak sesuai dengan yang disampaikan. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan profil orang yang memberi review atau rating secara jelas dan otentik.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 02:38 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 02:38 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17532 |
Actions (login required)
View Item |