PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan Yang Termasuk Dalam Daftar Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Aqifaah, Luthfiah and Husaini, Husaini and Novitasari, Novitasari (2022) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan Yang Termasuk Dalam Daftar Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI LUTHFIAH AQIFAAH C1C018010 FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Informasi dalam laporan keuangan dapat dikatakan relevan apabila disampaikan secara tepat waktu. Semua pengguna laporan keuangan membutuhkan sebuah informasi yang up-to-date, Ketepatan waktu merupakan salah satu karakteristik kualitatif utama dari pelaporan keuangan yang mendukung pengambilan keputusan pengguna, data akuntansi yang tertunda tidak banyak berguna untuk berbagai keputusan investasi yang diambil oleh investor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance terhadap audit report lag. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari data keuangan di website www.idx.co.id . Penelitian ini menguji data dengan menjadi 3 bagian yaitu : sebelum Pandemi Covid-19 pada tahun 2016-2018, saat terjadi Pandemi Covid-19 pada tahun 2019-2020, dan keseluruhan. Jumlah sampel dalam penelitian ini pada tahun 2016 2018 adalah sebanyak 1.055 perusahaan, jumlah sampel penelitian pada tahun 2019-2020 adalah sebanyak 858 perusahaan dan total data sampel secara keseluruhan adalah sebanyak 1.913 perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Berganda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah audit report lag, sedangkan variabel independenya adalah komisaris independen,ukuran komite audit, keahlian komite audit, dan rapat komite audit.Variabel kontrol dalam penelitian ini menggunakan ukuran perusahaan. Hasil penelitian pertama menunjukan bahwa sebelum Pandemi Covid-19 komisaris independen dan saat Pandemi Covid-19 komisaris independen tidak berpengaruh terhadap audit report lag. Hasil penelitian kedua menunjukan bahwa sebelum Pandemi Covid-19 komite audit berpengaruh terhadap audit report lag, sedangkan saat Pandemi Covid-19 komite audit tidak berpengaruh terhadap audit report lag. Hasil penelitian ketiga menunjukan bahwa sebelum Pandemi Covid-19 dan saat Pandemi Covid-19 keahlian komite audit berpengaruh terhadap audit report lag. Hasil penelitian keempat menunjukan bahwa sebelum Pandemi Covid-19 dan saat Pandemi Covid-19 rapat komite audit berpengaruh terhadap audit report lag

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:16
Last Modified: 20 Feb 2024 07:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17628

Actions (login required)

View Item View Item