PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN SET KESEMPATAN INVESTASI SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019)

Fratama, Tarmiko and Nikmah, Nikmah and Nurna, Aziza (2023) PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN SET KESEMPATAN INVESTASI SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI TARMIKO FRATAMA C1C015085_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (882kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan perusahaan, set kesempatan investasi terhadap kinerja keuangan perusahaan, modal intelektual terhadap set kesempatan investasi, dan apakah set kesempatan investasi dapat memediasi pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan. Modal intelektual diukur menggunakan nilai tambah (value added) yang diciptakan oleh Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), dan Structural Capital Value Added (STVA). Gabungan ketiganya inilah yang disebut Value Added Intellectual Capital (VAIC). Set kesempatan investasi diukur menggunakan Market Value to Book Value of Asset (MVBVA) Dan pengukuran kinerja keuangan perusahaan diukur menggunakan Return on Asset Ratio (ROA). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan dan laporan keuangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 66 perusahaan dengan 198 observasi yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Data dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 3.0 untuk mengetahui apakah modal intelektual dan set kesempatan investasi berpengaruh terhadap kinerja keuangan, serta apakah set kesempatan investasi dapat memediasi pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal intelektual tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Set kesempatan investasi berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Modal intelektual tidak berpengaruh terhadap set kesempatan investasi. Dan set kesempatan investasi dapat memediasi pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan perusahaan. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah hasil uji R-Square (R2) pada penelitian ini memiliki nilai yang cukup rendah yaitu dibawah 0,50 sehingga mengindikasikan bahwa masih banyak terdapat variabel lain yang mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan dan set kesempatan investasi yang belum diuji pada penelitian ini. Selain itu penelitian ini memiliki masalah dalam pemilihan sampel yang sempit. Saran dalam penelitian ini adalah untuk penelitian selanjutnya bisa mempertimbangkan variabel lain yang mempengaruhi kinerja keuangan dan set kesempatan investasi yang belum diuji pada penelitian ini, sehingga nilai R Square (R2) pada penelitian dapat meningkat. Selanjutnya diharapkan agar dapat menambahkan rentang metode pengamatan yang lebih Panjang sehingga menghasilkan data yang lebih konsisten.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:49
Last Modified: 21 Feb 2024 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17642

Actions (login required)

View Item View Item