Adli Herpianto, Jims and Rina, Hayadi and Syaiful, Anwar (2022) ANALISIS PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRICE DISCOUNT DAN IN STORE DISPLAY TERHADAP IMPULSE BUYING PADA INDOMARET DI INDONESIA DALAM MASA PANDEMI COVID - 19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
kompre fix print (1)-1.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Pertumbuhan bisnis ritel dipicu oleh perkembangan ekonomi Indonesia yang cukup bagus, serta bertambahnya jumlah penduduk indonesia yang ingin memenuhi kebutuhan nya sehari – sehari akan menjadi indikator peningkatan bisnis ritel dari tahun ke tahun. Dengan munculnya ritel modern, maka masyarakat lebih termanjakan apabila ingin belanja kebutuhan sehari - hari dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal tersebut memberikan dampak berupa masyarakat setempat lebih memilih berbelanja di minimarket dari pada di bisnis ritel skala kecil tradisional seperti kios, toko, dan pengecer yang tidak terlibat kerja sama dengan kepemilikan perusahaan lain. Pada era modern kini pertumbuhan toko modern seperti Indomaret sangat pesat persebaran nya di sejumlah wilayah Indonesia. Usaha ritel Indomaret adalah bisnis ritel yang sangat pesat berkembang dan merupakan usaha ritel yang terkenal di Indonesia. Indomaret merupakan salah satu industri ritel yang ada di Indonesia dan didirikan tahun 1997. Di tahun 2020 lalu, Indomaret sudah memiliki 18.000 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Gerai-gerai Indomaret, tidak hanya di kota-kota hingga pedesaan, namun ada juga di perkantoran, rumah sakit, stasiun, dan fasilitas umum lainnya (www.indomaret.com). Perkembangan industri ritel indomaret ini sejalan dengan tuntutan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, sehingga menuntut inovasi-inovasi bagi pengusaha ritel indomaret untuk mengembangkan usaha ritel lebih baik, inovasi tersebut dilakukan dengan menambah kelengkapan toko, harga yang dapat dijangkau masyarakat dan kualitas produk, tidak hanya itu tampilan toko dapat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk ritel. Seiring dengan peningkatan dan perubahan perekonomian yang terjadi di dunia akibat dari dampak pandemi virus Covid – 19 meningkatkan juga ketertarikan penelitian untuk menganalisa berbagai aspek yang berkaitan dengan perkembangan ritel indomaret pada saat pandemi seperti sekarang ini yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian secara tidak sengaja di ritel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online. Kuesioner mendapatkan 170 responden yang sudah melakukan pemebelian secara tidak sengaja di indomaret seluruh Indonesia dalam masa pandemi covid - 19. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa : 1) Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying pada Indomaret di Indonesia, yang berarti semakin tinggi Store Atmosphere yang dilakukan maka semakin tinggi pula Impulse Buying konsumen untuk berbelanja di indomaret yang ada di Indonesia. 2) Price Discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying pada Indomaret yang ada di Indonesia, yang berarti semakin tinggi tingkat Price Discount maka semakin tinggi pula Impulse Buying konsumen untuk berbelanja di Indomaret yang ada di Indonesia. 3) Variabel In Store Display berpengaruh positif terhadap Impulse Buying pada Indomaret yang ada di Indonesia, yang berarti semakin Tinggi In store Display yang dilakukan di suatu gerai maka semakin tinggi pula Impulse Buying untuk berbelanja di Indomaret yang ada di Indonesia. 4) Variabel Store Atmosphere, Price Discount dan In Store Display berpengaruh positif secara simultan terhadap Impulse Buying pada Indomaret di Indonesia. Kesimpulan penelitian ini menunjukan Store Atmosphere, Price Discount, dan In Store Display berpengaruh positif dan secara Simultan terhadap Impulse Buying. Saran praktis dalam penelitian ini agar perusahaan dapat terus meningkatkan Store Atmosphere, Price Discount dan In Store Display Sebagai upaya meningkatkan Impulse buying konsumen yang berbelanja di indomaret terkhusus untuk membantu pemerintah menanggulangi virus Covid – 19 di Indonesia dengan produk dan alat Kesehatan berupa masker, handsanitizer, vitamin dan lain – lain. selanjutnya perusahaan agar tetap terus menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, yang salah satunya melalui promosi untuk membangun citra perusahaan yang baik; sebagaimana disebutkan dalam indikator variabel price discount dan In store Display. Lebih lanjut, perusahaan disarankan untuk melakukan peningkatan promosi penjualan untuk produk dan alat kesehatan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 02:24 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 02:24 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17664 |
Actions (login required)
View Item |