PELAKSANAAN KEGIATAN POSYANDU MELATI DI KELURAHAN PURWODADI KECAMATAN ARGA MAKMUR (Studi tentang Panduan Pelaksanaan Posyandu)

Heltriana, Erina Eka and Sofino, Sofino and Bayu, Pradikto (2022) PELAKSANAAN KEGIATAN POSYANDU MELATI DI KELURAHAN PURWODADI KECAMATAN ARGA MAKMUR (Studi tentang Panduan Pelaksanaan Posyandu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ERINA EKA HELTRIANA_(A1J018049)_PNF_SKRIPSI LENGKAP PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Posyandu Melati di Kelurahan Purwodadi Kecamatan Arga Makmur. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini berjumlah lima orang yaitu Ibu Nurhayati, Ibu Risky, Ibu Desi, Ibu Helma Yenti dan Bapak Fauzan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penyelenggaraan kegiatan dengan penerapan layanan sistem 5 langkah di Posyandu Melati, meliputi pendaftaran, penimbangan, pencatatan pada buku KIA, penyuluhan, dan pelayanan kesehatan masyarakat berjalan dengan baik. Kedua, tugas dan tanggungjawab para pelaksana kegiatan Posyandu Melati adalah seluruh kader posyandu yang dibimbing oleh petugas kesehatan dari puskesmas setempat serta belum ada upaya yang dilakukan dari kelurahan untuk posyandu tersebut. Ketiga, pembiayaan pelaksanaan kegiatan Posyandu Melati hanya mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa sarana penunjang kegiatan posyandu serta dari masyarakat berupa iuran bulanan sebesar Rp.2000. Keempat, pencatatan dan pelaporan pelaksanaan kegiatan Posyandu Melati dilakukan secara rutin setiap bulan, kader yang bertugas langsung melaporkan hasil pencatatan kepada petugas kesehatan dan petugas kesehatan setiap akhir bulan akan melaporkan hasil kegiatan posyandu kepada kepala program UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) di Puskesmas Perumnas Arga Makmur. Kelima, pembinaan dan pengawasan pelaksanaan kegiatan Posyandu Melati dilakukan minimal 1 kali dalam setahun melalui kegiatan sosialisasi, rapat koordinasi, workshop, lomba, konsultasi serta orientasi dan pelatihan yang dilaksanakan bersama sektor-sektor terkait di balai desa setempat, Posyandu Melati memiliki tingkat perkembangan posyandu berada pada tingkatan pratama. Kata Kunci : Pelaksanaan, Masyarakat, dan Posyandu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:32
Last Modified: 26 Feb 2024 08:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17673

Actions (login required)

View Item View Item