TRANSFORMASI DIGITAL DALAM BUDAYA ORGANISASI DIGITAL PADA PT BANK BENGKULU

Wintarto, Rachman and Slamet, JS Pareke and I Wayan, Nasution (2022) TRANSFORMASI DIGITAL DALAM BUDAYA ORGANISASI DIGITAL PADA PT BANK BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Rachman Wintarto C2B019016 Thesis (Final)_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Transformasi Digital berperan dalam pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan. Transformasi Digital merupakan investasi jangka panjang yang membuat jalannya perusahaan menjadi lebih mudah dan murah. Transformasi Digital merupakan fenomena perubahan dimana teknologi digunakan untuk merubah proses analog menjadi digital. Hartl dan Hess (2017) mendefinisikan Transformasi Digital lebih dari sekedar digitalisasi produk dan layanan, dan perusahaan perlu memposisikan ulang kondisi perusahaan sehubungan dengan industri dan proposisi nilai perusahaan. Budaya Organisasi atau perusahaan adalah seperangkat asumsi implisit yang diterima begitu saja yang dipegang oleh suatu kelompok dan yang menentukan bagaimana mereka memandang, memikirkan, dan bereaksi terhadap berbagai lingkungannya (Kinicki, Angelo, & Fugate, 2013). Budaya digital merupakan gambaran teknologi dan internet dalam membentuk cara masyarakat berinteraksi sebagai manusia. Ini adalah cara manusia berperilaku, berpikir, dan berkomunikasi dalam masyarakat. Budaya digital digambarkan sebagai produk dari teknologi persuasif dan hasil dari inovasi teknologi sebagai hasil dari hubungan antara manusia dan teknologi, atau dunia nyata dan virtual (Rab, 2007). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses Transformasi Digital di PT Bank Bengkulu dan untuk mendeskripsikan peran budaya organisasi digital dalam Transformasi Digital di PT Bank Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatakan kualitatif dengan Analisis tematik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Bank Bengkulu di Kota Bengkulu, sedangkan sampel yang digunakan adalah 154 karyawan Bank Bengkulu. Pengumpulan data menggunakan open-ended question yang didistribusikan secara online melalui link google form. Pertanyaan open-ended questions terdiri atas empat Bagian, yaitu pertanyaan untuk Transformasi Digital, Bagian Budaya Organisasi Digital dan informasi demografi partisipan. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis tematik. Tema yang akan dilakukan dalam penelitan ini terdiri dari 4 (empat) tema Transformasi Digital yaitu: Outside-in, Kolaborasi lintas tim kerja, Kreativitas kerja, Agile leadership, dan 5 (lima) tema pada Budaya Organisasai Digital yaitu: Perilaku budaya, Kemampuan Digitalisasi, Keterampilan Digitalisasi, Infrasturktur TI dan Proses bisnis. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa karyawan menganggap budaya organisasi sangat penting, tetapi tidak ada orientasi terhadap perubahan teknologi dan tidak ada perubahan dari inovasi yang mempengaruhi budaya organisasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada Perilaku Budaya, Kemampuan Digitalisasi, Keterampilan Digital, Infrastruktur TI dan Proses Bisnis. Tema Budaya Organisasi Digital juga masih belum berkembang secara signifikan. Sebagian besar karya masih menggunakan kertas dan pena. Sebagian besar karyawan percaya pada budaya organisasi digital namun tidak ada tujuan yang signifikan ke arah itu. Orientasi budaya perusahaan pada upaya mendukung transformasi digital masih dalam tahap perencanaan dan belum terealisasi. Beberapa kendala yang mungkin menjadi pertimbangan yaitu sumber daya manusia yang tidak memadai, infrastruktur TI yang lemah dan kurang, visi dan misi yang seolah-olah telah diarahkan pada tujuan transformasi digital, namun masih belum terlihat arah untuk mewujudkannya. Keterampilan digitalisasi Bank Bengkulu menunjukkan bahwa mereka kurang Responsif dan cenderung kurang siap menghadapi perubahan. Selain itu, sistem pengambilan keputusan Bank Bengkulu masih dilakukan melalui rapat direksi dengan data konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:41
Last Modified: 19 Apr 2024 07:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17690

Actions (login required)

View Item View Item