ANALISA PERBANDINGAN MANAJEMEN LABA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020).

Rahma Triana, Ovvi and Lisa, Martiah Nila Puspita and Abdullah, Abdullah (2022) ANALISA PERBANDINGAN MANAJEMEN LABA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Ovvi Rahma Triana C1C018124 2.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Masuknya Covid-19 ke Indonesia membawa banyak tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan. Pandemi ini mengakibatkan penurunan kinerja perusahaan dan mendorong manajemen untuk menampilkan kinerja terbaik meskipun dalam kondisi sulit sehingga manajer melakukan berbagai cara termasuk melaporkan informasi yang tidak sebenarnya mengenai kondisi perusahaan di dalam laporan keuangan, yang salah satunya memicu untuk melakukan tindakan manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis perbedaan tingkat manajemen laba berbasis akrual dan manajemen laba riil sebelum dan pada saat pandemi Covid-19 pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam rentang waktu tahun 2017 hingga 2020. Sampel yang digunakan yaitu 120 perusahaan dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel dan paired sample T-test. Hasil dari penelitian ini, pada hasil statistik deskriptif, perusahaan melakukan manajemen laba berbasis akrual dan manajemen laba melalui aktivitas riil pada saat pandemi Covid-19 dan pada periode sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Hal ini didukung dengan hasil dari uji hipotesis bahwa terdapat perbedaan manajemen laba akrual yang signifikan sebelum dan selama pandemi Covid-19. Hasil yang sama juga ditunjukkan pada manajemen laba riil, terdapat perbedaan manajemen laba riil yang signifikan sebelum dan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini membuktikan bahwa perusahaan melakukan manajemen laba berbasis akrual dan manajemen laba melalui aktivitas riil sebelum dan selama pandemi Covid-19 sehingga bagi pihak investor agar dapat lebih berhati-hati dan mencermati setiap pengambilan keputusan dari laporan keuangan perusahaan karena perusahaan dapat menampilkan informasi yang tidak sebenarnya sehingga dapat menyesatkan para investor.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:47
Last Modified: 26 Feb 2024 01:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17706

Actions (login required)

View Item View Item