Oktiana, Selpia and Rufran, Zulkarnain and Ririn, Gusti (2022) PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C PADA PKBM PELITA BANGSA DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI SELPIA OKTIANA A1J018001.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Penggunaan Learning Management System (LMS) Dengan Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Program Paket C Pada PKBM Pelita Bangsa Di Kota Bengkulu, subjek dalam penelitian ini sebanyak empat orang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, perencanaan pembelajaran online seperti : Berdiskusi antara ketua, tutor, dan operator PKBM Pelita Bangsa, maka diambilah tahapan untuk melaksanakan pembelajaran online menggunakan google classroom, Melakukan pendekatan dengan warga belajar untuk melaksanakan pembelajaran online menggunakan google clasroom dengan memberikan penjelasan materi yang akan disampaikan, serta memberikan motivasi kepada warga belajar, Bahan ajar yang diberikan, dan Penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua, Tahapan penggunaan pembelajaran online yaitu aplikasi google classroom cara pengunaanya pertama login terlebih dahulu melalui akun gmail. kemudian, klik ikon menu aplikasi google yang ada disebelah kiri foto profil. pilih tanda + yang ada di atas sudut kanan dan pilih gabung kelas, masukan kode kelas yang telah diberikan tutor dan klik gabung dan dimulai dari penjelasan tutor tentang materi yang akan diajarkan, diskusi ataupun penugasan. Ketiga, Proses evaluasi yang diterapkan pada PKBM Pelita Bangsa yaitu dengan menggunakan evaluasi keaktifan warga belajar, hasil tugas maupun ujian. Agar mendapatkan perubahan dari hasil sebelumnya dan sesudah dilakukan evaluasi terhadap warga belajar dalam pelaksanaan pembelajaran. dan Keempat, faktor pendukung tercapainya pembelajaran online dengan google classroom dengan baik, warga belajar memilki Hp/Laptop dan kouta. Faktor penghambat yaitu faktor yang menjadi penghambat pada terlaksananya pembelajaran dengan google classroom tidak semua warga belajar bisa mengakses dengan lancar dikarenakan jaringan yang kurang baik untuk mengakses google classroom. Kata Kunci: Penggunaan, Learning Management System, Program Paket C
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 08:32 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 08:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17711 |
Actions (login required)
View Item |