PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN OPD KABUPATEN KEPAHIANG

Revila Putri, Cindy and Robinson, Robinson and Lismawati, Lismawati (2022) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN OPD KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Cindy Revila Putri_C1C018064_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perubahan pada sistem pemerintahan dari sentralisai ke desentralisai mendorong perlunya perbaikan dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban, maka dalam era otonomi daerah sekarang ini daerah diberikan kewenangan mengurus dan mnegatur semua urusan pemerintahan diluar urusan pemerintah pusat. Pengelolaan keuangan merupakan subsistem dari sistem pengelolaan keuangan Negara merupakan elemen pokok dalam peneyelenggaraan pemerintahan daerah. Pengelolaan keuangan daerah sebagaimana dimaksud merupakan subsistem dari sistem pengelolaan keungan negara dan merupakan elemen pokok dalam penyelenggaraan pemrintahan daerah. Fenomena pengelolaan keuangan yang terjadi di Indonesia salah satunya yaitu di Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang. Pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten kepahiang yang masih perlu diperbaiki. Dalam pengelolaan keuangan pemerintah menjadi poros aktivitas bermasyarakat maka sangat perlu untuk menyajikan laporan keuangan yang berkualitas yaitu laporan keuangan yang andal, relevan, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Permasalahan yang terjadi dikarenakan kelemahan padasistem pengendalian internal, pemanfaatan teknologi informasi dan kompetensi sumber daya manusia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang merupakan sebuah teknik penentuan sampel dengan pertimbangantertentu yang didasarkan atas ciri-ciri tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Pengambilan data sendiri menggunakan data primer dimana metode pengambilan data menggunakan metode kuesioner disebar di 30 Organisasi Perangkat Daerah Bengkulu Selatan. Jumlah sampel yang datanya berhasil diolah yaitu sebanyak 120 orang yang ditargetkan. Hasil dari pengujian hipotesis didalam penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan, pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan, dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pada Organisasi Perangkat Daerah KabupatenKepahiang. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas ruang lingkup penelitian, tidak hanya OPD Kabupaten Kepahiang namun menambahkan OPD di seluruh Kabupaten dan Kota yang adan di Provinsi Bengkulu sehingga mendapatkan hasil yang lebih general. Diharapkan untuk menambah faktor-faktor lain yang memperngaruhi kualitas laporan keuangan. Hal ini disebabkan karena masih faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas laporan keuangan. Maka diharapkan menambah faktor lain seperti sistem pengawasan, dan pemahaman akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:21
Last Modified: 27 Feb 2024 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17730

Actions (login required)

View Item View Item