PENGARUH DIGITALISASI PERBANKAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)

Hawalia Ramli, Elisa and Isma, Coryanata and Vika, Fitranita (2022) PENGARUH DIGITALISASI PERBANKAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ELISA HAWALIA RAMLI (C1C017099) - CD_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (811kB)
[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ELISA HAWALIA RAMLI (C1C017099) - CD_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (811kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menambah tantangan yang harus dihadapi pelaku bisnis di seluruh dunia. Bergerak di sektor jasa membuat perusahaan perbankan rentan terkena dampak kebijakan-kebijakan yang ditetapkan pemerintah dalam menghadapi Covid-19, seperti kebijakan lockdown, pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dan karantina. Namun, kebijakan-kebijakan ini telah mempercepat tren digitalisasi, karena solusi digital semakin dibutuhkan agar masyarakat bisa sebaik mungkin melanjutkan aktivitas ekonomi dan sosial dari jarak jauh melalui saluran online Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digitalisasi perbankan terhadap kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari situs web resmi BEI dan situs web resmi perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eviews versi 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi perbankan dalam bentuk adaptasi teknologi digital pada perusahaan perbankan memiliki pengaruh yang negatif signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROA (return on asset). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diharapkan investor untuk berhati-hati dalam melakukan investasi pada perusahaan yang sedang melakukaan adopsi teknologi digital.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:30
Last Modified: 27 Feb 2024 08:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17731

Actions (login required)

View Item View Item