PELAKSANAAN ON JOB TRAINING BAGI WARGA BINAAN REHABILITASI PENGGUNA NARKOBA (Studi kasus Yayasan Karunia Insani Rejang Lebong)

Mubarrakah, Laila and Rufran, Zulkarnain and Ririn, Gusti (2022) PELAKSANAAN ON JOB TRAINING BAGI WARGA BINAAN REHABILITASI PENGGUNA NARKOBA (Studi kasus Yayasan Karunia Insani Rejang Lebong). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LAILA MUBARRAKAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan On Job Training bagi Warga Binaan Rehabilitasi Pengguna Narkoba di Yayasan Karunia Insani Rejang Lebong. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan tujuan dari adanya OJT pada Yayasan Karunia Insani Rejang Lebong., sasaran peserta didik, guru/tutor, materi yang diberikan, media yang digunakan dan untuk mendeskripsikan metode yang dilakukan dan untuk mendeskripsikan evaluasi yang dilakukan ketika telah menyelesaikan pelaksanaan OJT pada Yayasan Karunia Insani Rejang Lebong. Metode penelitian bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, tujuan kegiatan On Job Training ada dua yaitu, tujuan khusus dan tujuan umum. Kedua, sasaran peserta didik dalam pelaksanaan OJT adalah orang yang pernah menjalani rehabilitasi narkoba. Ketiga, guru/tutor yang terlibat pada pelaksanaan OJT ada tiga turor inti yang memiliki kompetensi dan kualitas yang baik. Keempat, materi pada pelaksanaan OJT ini ada 43 materi dimana masing- masing materi disampaikan dalam kurun waktu 90 menit dan pemberian materi dilakukan dalam waktu 1 bulan. Kelima, media pembelajaran yang digunakan pada kegiatan OJT yaitu berupa modul, infokus dan buku yang telah ditentukan oleh pihak Yayasan Karunia Insani dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta OJT. Keenam, metode pembelajaran yang dilakukan pada kegiatan OJT yaitu tanya jawab, pemberian tugas akhir dan tugas kelompok. Ketujuh, evaluasi dilakukan setelah pemberian materi, kemudian diberikan tugas akhir, kemudian dilakukan panel untuk menentukan layak atau tidak mendapatkan sertifikat dari pelaksanaan OJT yang telah peserta ikuti. Kata Kunci: Pelaksanaan, On Job Training, Yayasan Karunia Insani

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Feb 2024 08:03
Last Modified: 28 Feb 2024 08:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17736

Actions (login required)

View Item View Item