STRATEGI PEMBELAJARAN GURU MATEMATIKA KELAS XII IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Al-Kariim Bengkulu Tengah)

WUNINILAM, WUNINILAM and Sri, Handayani Hanum and Heni, Nopianti (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU MATEMATIKA KELAS XII IPA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Al-Kariim Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI WUNINILAM.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran guru matematika kelas XII IPA pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Kariim Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori tindakan sosial Max Weber sebagai alat analisis. Proses pengumpulan data menggunakan observasi yang peneliti lakukan dengan mengamati lingkungan sekolah dan pada saat guru matematika sedang mengajar, wawancara dilakukan secara terbuka dengan mengajukan pertanyaan, dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria informan yaitu orang yang mengetahui dan memiliki informasi mengenai strategi pembelajaran guru matematika kelas XII IPA pada masa pandemi covid-19 yaitu terdiri dari 1 orang informan utama dan 3 orang informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang di terapkan guru matematika pada masa pandemi COVID-19 yaitu : (1) Strategi melalui penyampaian isi pembelajaran yaitu siasat guru untuk memilih, menetapkan, menerapkan media pembelajaran, interaksi pembelajan dengan media dan struktur belajar dalam penyampaian isi kepada siswa. (2) Strategi melalui kuis pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa di dalam kelas sehingga pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru. (3) Strategi melalui rangkuman merupakan suatu kegiatan melengkapi materi yang bertujuan untuk membantu daya ingat siswa terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru. (4) Strategi melalui kegiatan belajar mandiri merupakan Perilaku siswa dalam mewujudkan keinginannya secara nyata dengan tidak bergantung pada orang lain dan mampu untuk melakukan aktivitas belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:52
Last Modified: 01 Aug 2024 02:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17754

Actions (login required)

View Item View Item