PERSEPSI MASYARAKATPENERIMA BANTUAN TERHADAPPELAKSANAANPROGRAM BANTUAN STIMULAN RUMAH SWADAYA (BSRS)DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Marisa, Ranti and Barika, Barika and Merri, Anitasari (2022) PERSEPSI MASYARAKATPENERIMA BANTUAN TERHADAPPELAKSANAANPROGRAM BANTUAN STIMULAN RUMAH SWADAYA (BSRS)DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Ranti Marisa. CD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Bantuan Stimulan Rumah Swadaya yang akrab dikenal dengan istilah bedah rumah merupakan salah satu program Direktorat rumah Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumah Rakyat (PUPR). Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) diatur dalam Peraturan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) UU Nomor 01 Tahun 2011 Pasal 54 ayat 3 huruf b. Maksud dari program BSRS yaitu membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam membangun rumah layak huni. Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang khusus mendapatkan program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya. Program BSRS di Kabupaten Bengkulu Selatan, di mulai pada tahun 2019, dengan penerima bantuan sebanyak 138 KK, dan pada tahun 2020, sebanyak 137 KK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) di Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan memiliki 4 variabel. Yaitu: tepat sasaran, tepat proses pengusulan, tepat penggunaan dana, dan tepat kualitas. Metode pengumulan data mengunakan kuisioner dengan skala likert dan alat analisis variabel menggunakan distribusi frequensi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Persepsi masyarakat terhadap program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) dilihat dari variabel tepat sasaran termasuk dalam kategori tepat dengan rata-rata jawaban sebesar 3,47. Untuk variabel tepat proses pengusulan termasuk dalam kategori tepat dengan rata-rata jawaban sebesar 3,87. Variabel tepat penggunaan dana termasuk dalam kategori tepat dengan rata-rata jawaban sebesar 3,47. Dan untuk variabel tepat kualitas termasuk dalam kategori tepat dengan rata-rata jawaban sebesar 3,81.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:17
Last Modified: 18 Mar 2024 04:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17767

Actions (login required)

View Item View Item