ANALISIS PENGARUH HARGA, DIFERENSIASI PRODUK, WOM DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN XIAOMI DI KOTA BENGKULU

Prasetia Avalio, Biva and Afrima, Widanti and Sularsih, Anggarawati (2022) ANALISIS PENGARUH HARGA, DIFERENSIASI PRODUK, WOM DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN XIAOMI DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI BIVA PRASETIA AVALIO (C1B018160)_compressed (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia industri komunikasi. Seperti misalnya smartphone, yang saat ini meningkatnya kebutuhan akan smartphone di kalangan masyarakat khususnya di Indonesia. Menurut hasil survei yang telah saya lakukan pada bulan Februari tahun 2022 di lima counter besar di Kota Bengkulu, menunjukkan bahwa terjadinya fenomena naik dan turun penjualan smartphone Xiaomi. Menurut hasil dari wawancara terhadap 10 konsumen pengguna Xiaomi, menunjukkan bahwa harga,diferensiasi produk dan citra merek dinilai kurang baik oleh konsumen. Fenomena inilah yang membuat smartphone Xiaomi menarik untuk diteliti meskipun harga, diferensiasi produk dan citra merek yang dinilai kurang baik, namun penjualannya tetap mengalami kenaikan yang artinya Xiaomi masih banyak diminati. Peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan smartphone Xiaomi masih banyak diminati oleh konsumen. Ketika orang lain ingin membeli smartphone, terdapat adanya keputusan pembelian. Menurut Kotler & Amstrong (2016), keputusan pembelian adalah tahap dalam pengambilan keputusan pembeli dimana konsumen benar-benar membeli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model empiris dari keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh variabel harga, diferensiasi produk, word of mouth dan citra merek terhadap individu konsumen smartphone Xiaomi dikota bengkulu. Menurut Tjiptono (2015) keputusan pembelian merupakan sebuah proses dimana konsumen mengenal masalahnya, mencari informasi mengenai produk atau merek tertentu. Dalam teori theory of planned behavior (TPB), Ajzen (1991) menjelaskan bahwa perilaku konsumen, dalam hal ini keputusan pembelian, dipengaruhi oleh niat pembelian. Lebih lanjut, Ajzen (1991) menjelaskan bahwa niat pembelian seseorang dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif dan persepsi pengendalian perilaku. Menurut Kotler & Keller (2016) perilaku konsumen adalah studi bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan dan menempatkan barang, jasa, ide atau pengalaman untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka. Definisi perilaku konsumen menurut Schiffman & Wisenblit (2015) adalah studi tentang tindakan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan membuang produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Perilaku konsumen menggambarkan individu yang mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya mereka yang tersedia (waktu, uang dan usaha) guna membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi. dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen erat kaitanya dengan keputusan pembelian. Dimana perilaku konsumen merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk mendorong tindakan dari saat sebelum membeli sampai mengevaluasi produk atau jasa yang telah dikonsumsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online. Jumlah sampel yang didapatkan adalah 190 responden yaitu konsumen yang membeli dan menggunakan produk smartphone Xiaomi. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 21.0 for window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) word of mouth berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil simultan membuktikan bahwa harga, diferensiasi produk, word of mouth, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan kesimpulan pada penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) word of mouth berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, ( 4) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil simultan membuktikan bahwa harga, diferensiasi produk, word of mouth, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi perusahaan smartphone Xiaomi dapat memperhatikan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:03
Last Modified: 03 Apr 2024 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17810

Actions (login required)

View Item View Item