PENGARUH KEPERCAYAAN, KOMITMEN DAN KOMUNIKASI TERHADAP AKUISISI DAN RETENSI PELANGGAN PADA NATASHA SKIN CLINIC CENTER DI KOTA BENGKULU

Rafli Akbar Azhar, Muhammad and Fachri, Eka Saputra and Rina, Suthia Hayu (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN, KOMITMEN DAN KOMUNIKASI TERHADAP AKUISISI DAN RETENSI PELANGGAN PADA NATASHA SKIN CLINIC CENTER DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MUHAMMAD RAFLI AKBAR AZHAR (C1B018137)_compressed_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perawatan kesehatan seperti wajah dan kulit saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang yang menginginkan kulit bersih dan sehat.Perawatan wajah dan kulit sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup. Perawatan wajah dan kulit mereprentasikan tren gaya hidup dengan angka tertinggi karena sudah berkembangnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan kulit serta keinginan untuk tetap memiliki kulit yang sehat, bersih, terawat dan terbebas dari masalah kulit yang ada. Kebutuhan pelanggan untuk menjaga penampilan terus menerus mendorong peluang berkembangnya pasar industri kesehatan wajah dan kulit khususunya klinik kesehatan wajah dan kulit. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap akuisisi pelanggan pada Natasha Skin Clinic Center di Kota Bengkulu 2) Menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap retensi pelanggan pada Natasha Skin Clinic Center di Kota Bengkulu 3) Menganalisis pengaruh komitmen terhadap akuisisi pelanggan pada Natasha Skin Clinic Center di Kota Bengkulu 4) Menganalisis pengaruh komitmen terhadap retensi pelanggan pada Natasha Skin Clinic Center di Kota Bengkulu 5) Menganalisis pengaruh komunikasi terhadap akuisisi pelanggan pada Natasha Skin Clinic Center di Kota Bengkulu 6) Menganalisis pengaruh komunikasi terhadap retensi pelanggan pada Natasha Skin Clinic Center di Kota Bengkulu. Akuisisi pelanggan adalah proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk memperoleh pelanggan baru dalam jangka panjang, dan strategi akuisisi pelanggan ini harus dapat berkembang dan beradaptasi dengan tren pasar baru dan perilaku pelanggan yang berkembang (Arnold et al., 2011). Retensi pelanggan merupakan upaya mempertahankan pelanggan agar tetap bertahan membeli produk atau jasa yang sama dalam waktu lama (Schiffman dan Kanuk, 2008). Kepercayaan adalah sebuah keyakinan dari salah satu pihak mengenai maksud dan perilaku yang ditujukan kepada pihak yang lainnya bahwa penyedia jasa bisa dipercaya atau diandalkan dalam memenuhi janjinya (Cahyono, 2014). Komitmen sebagai keinginan untuk mengembangkan hubungan yang stabil dan keinginan untuk memberikan pengorbanan jangka pendek dalam rangka memelihara hubungan dan percaya pada stabilitas hubungan (Tang et al., 2012). Komununikasj dalam konteks pemasaran hubungan memiliki arti sebagai tindakan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, menyediakan informasi yang tepat dan akurat, dan mengkomunikasikan secara aktif jika muncul permasalahan (Ndubisi, 2007). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan mengumpulkan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner offline maupun online. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang pernah membeli produk skincare wajah dan melakukan perawatan di Klinik Natasha Skin Clinic Center Kota Bengkulu. Jumlah responden dalam penelitian ini yang diolah adalah sebanyak 180 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan PLS SEM dengan bantuan program SmartPls dengan versi 3.3.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepercayaan berpengaruh positif terhadap akuisisi pelanggan. Artinya semakin tinggi tingkat Kepercayaan, maka semakin tinggi pula tingkat akusisi pelanggan pada Klinik Natasha Skin Clinic Center Kota Bengkulu 2) Kepercayaan berpengaruh positif terhadap retensi pelanggan. Artinya semakin tinggi tingkat Kepercayaan, maka semakin tinggi pula tingkat retensi pelanggan pada Klinik Natasha Skin Clinic Center Kota Bengkulu 3) Komitmen berpengaruh positif terhadap akuisisi pelanggan. Artinya semakin tinggi tingkat Komitmen, maka semakin tinggi pula tingkat akusisi pelanggan pada Klinik Natasha Skin Clinic Center Kota Bengkulu 4) Komitmen berpengaruh positif terhadap retensi pelanggan. Artinya semakin tinggi tingkat Komitmen, maka semakin tinggi pula tingkat retensi pelanggan pada Klinik Natasha Skin Clinic Center Kota Bengkulu 5) Komunikasi berpengaruh positif terhadap akuisisi pelanggan. Artinya semakin tinggi tingkat Komunikasi, maka semakin tinggi pula tingkat akusisi pelanggan pada Klinik Natasha Skin Clinic Center Kota Bengkulu 6) Komunikasi berpengaruh positif terhadap retensi pelanggan. Artinya semakin tinggi tingkat Komunikasi, maka semakin tinggi pula tingkat retensi pelanggan pada Klinik Natasha Skin Clinic Center Kota Bengkulu Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini yaitu, penelitian ini menunjukkan bahwa Kepercayaan, Komitmen dan Komunikasi berpengaruh positif terhadap Akuisisi dan Retensi Pelanggan. Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi perusahaan agar terus dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan janji-janji yang diberikan pelanggan selalu ditepati dan hak hak pelanggan selalu terpenuhi, menjaga komitmen yang selalu mengenai produk yang dimiliki mulai dari desain dan tampilan kemasan, isi dan manfaat produk, kemudahan penggunaan, keamanan produk, hingga komunikasi mengenai kualitas informasi yang diberikan oleh produk, diskon-diskon pada hari-hari tertentu , kualitas informasi yang akurat, dan hal-hal penunjang lainnya yang dapat memenuhi retensi pelanggan dan tercipta akuisisi pelanggan saat membeli dan menggunakan produk tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:45
Last Modified: 03 Apr 2024 07:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17816

Actions (login required)

View Item View Item