Refa'i, Rahmat and Fachri, Eka Saputra and Seprianti, Eka Putri (2022) PENGARUH KEPRIBADIAN DESTINASI, CITRA DESTINASI DAN KEADILAN LAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN DESTINASI DAN NIAT BERKUNJUNG ULANG PADA DESTINASI WISATA BENTENG MARLBOROUGH DI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
CETAK SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Destinasi wisata dapat dianggap sebagai produk atau merek karena mencakup atribut berwujud dan tidak berwujud. Setiap destinasi wisata berusaha untuk mengoptimalkan kualitas fisik dan pelayanan untuk menarik perhatian calon pengunjung. Pemasar sekarang ini berfokus pada destinasi pencitraan merek untuk menciptakan identitas unik yang dapat memotivasi wisatawan untuk mengunjungi destinasi tersebut. Kepercayaan merupakan anteseden yang dapat memberikan niat bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan ke tempat tujuan tersebut. Kepercayaan merupakan kunci keberhasilan dalam mengelola pemasaran dan kualitas dari destinasi wisata. Destinasi wisata di Indonesia banyak yang memiliki keterkaitan dalam kesesuaian diri wisatawan seperti destinasi wisata Indonesia di Bengkulu. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau, Indonesia sering masuk ke dalam daftar destinasi wajib kunjung para wisatawan di seluruh dunia. Benteng Marlborough di Bengkulu memiliki kepribadian yang unik yang sudah menjadi ciri khas dari daerah Benteng itu sendiri, pemandangan pantai yang indah dari atas Benteng Marlborough menjadi nilai tersendiri, segala sesuatu yang ditampilkan oleh objek destinasi wisata Benteng Marlborough di Bengkulu sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh wisatawan, serta pelayanan yang didapat sudah sesuai standar dan memang sudah menjadi hak dari wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat pengujian hipotesis. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menguji hipotesis yang diajukan agar dapat menjelaskan pengaruh kepribadian destinasi, citra destinasi dan keadilan layanan terhadap kepercayaan destinasi dan niat berkunjung ulang. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif. Penelitian ini dapat dilakukan dengan menggunakan studi cross sectional yaitu penelitian yang dilakukan dalam satu waktu tertentu dengan satu fokus. Pada penelitian ini, hanya dilakukan intervensi minimum yaitu berinteraksi dengan responden hanya sekali pada saat kuesionerdisebarkan dengan situasi yang tidak diatur atau tidak berinteraksi sama sekali dengan responden karena penyebaran kuesioner dapat dilakukan secara online. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 305 responden yang sudah pernah mengunjungi destinasi wisata Benteng Marlborough di Bengkulu. Sampling yang digunakan di dalam penelitian ini adalah elemen -elemen yang dimasukkan dengan sengaja, dengan catatan bahwa sampel tersebut representatif atau mewakili populasi. Alat analisis yang digunakan adalah IBM AMOS 22. Hasil pengujian menunjukkan bahwa 1) kepribadian destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan destinasi, 2) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan destinasi, 3) keadilan layanan berpengaruh positifdan signifikan terhadap kepercayaan destinasi, 4) Kepribadian destinasi berpengaruh positifdan signifikan terhadap niat berkunjung ulang, 5) citra destinasi berpengaruh negatif signifikan terhadap niat berkunjung ulang dan 6) keadilan layanan berpengaruh positifdan signifikan terhadap niat berkunjung ulang, dan 7) kepercayaan destinasi tidak berpengaruh signifikan terhadap niat berkunjung ulang.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 02:40 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 02:44 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17827 |
Actions (login required)
View Item |