PENGARUH PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS, PERILAKU KERJA INOVATIF DAN KAPABILITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUMDA TIRTA HIDAYAH BENGKULU

Angelina Yunitasari, Shinta and Slamet, Widodo and Nasution, Nasution (2022) PENGARUH PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS, PERILAKU KERJA INOVATIF DAN KAPABILITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUMDA TIRTA HIDAYAH BENGKULU. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SHINTA ANGELINA YUNITASARI (C1B018072) fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan perusahaan tidak terlepas oleh kontribusi karyawannya dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab mereka. Karyawan adalah sumber daya manusia yang memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. kinerja adalah suatu hasil atau prestasi yang dicapai seseorang dalam menyelasaikan tugasnya dengan sesuai target yang telah ditetapkan dan dikerjakan secara optimal. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah Pemberdayaan Psikologis, Perilaku Kerja Inovatif dan Kapabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah:1) Menguji pengaruh Pemberdayaan Psikologis terhadap kinerja karyawan Perumda Tirta Hidayah Bengkulu. 2) Menguji Pengaruh Perilaku Kerja Inovatif terhadap kinerja karyawan Perumda Tirta Hidayah Bengkulu. 3) Menguji pengaruh Kapabilitas terhadap kinerja Karyawan Perumda Tirta Hidayah Bengkulu. Pemberdayaan psikologis adalah pengalaman subjektif individu tentang pemberdayaan berdasarkan kognisi tentang dirinya sendiri dalam kaitannya dengan peran kerjanya yang ditandai dengan sebagai keadaan psikologis empat dimensi yang terdiri dari makna, kompentensi, penentuan nasib sendiri dan dampak (Spreitzer 1995). Perilaku kerja inovatif yaitu rangkaian kegiatan kerja yang dilakukan secara bertahap oleh pekerja dalam mengembangkan dan meningkatkan perilaku kerja yang efektif (De Jong & De Hartog, 2010:24). Kapabilitas adalah kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki anggota organisasi untuk melaksanakan pekerjaan yang dapat memberikan nilai bagi organisasi (Menon, 1999). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data data skunder dan primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara offline. Penelitian ini melibatkan 163 karyawan Perumda Tirta Hidayah Bengkulu yang dijadikan sampel penelian. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 22.0. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa: 1) Pemberdayaan Psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Perumda Tirta Hidayah Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,387 dengan sig. 0,003. 2) Perilaku Kerja Inovatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Perumda Tirta Hidayah Bengkulu dengan koefisien regresi sebesar 0,533 dengan sig. 0,001. 3) Kapabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerjakaryawan Perumda Tirta Hidayah Bengkulu dengan koefisien regresi sebesar 0,773 dengan sig. 0,000.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:49
Last Modified: 04 Apr 2024 02:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17828

Actions (login required)

View Item View Item