PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK REGIONAL BENGKULU

Lafia, Yefa and Nasution, Yasser Iqbal Daulay and Syaiful, Anwar (2022) PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK REGIONAL BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YEFA LAFIA. FIXXx.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Salah satu faktor penting yang digunakan untuk menggerakan roda atau kegiatan operasional perusahaan adalah sumber daya manusia (Dessler 2017). Sumber daya manusia adalah komponen yang dapat mempengaruhi kinerja suatu perusahan (Zafar 2015). Perusahaan tentunya ingin memiliki sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan karyawan yang memang mempunyai karakteristik individu yang baik, didukung dengan memiliki kompetensi yang semakin membaik serta mempunyai motivasi yang baik untuk mencapai kinerja. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja diantaranya karakteristik individu, kompetensi dan motivasi kerja (Kashmir 2016). Karyawan yang sudah mempunyai dan menjalankan ketiga faktor tersebut akan mempermudah untuk mencapai kinerja yang optimal. Tujuan penelitian ini untuk : 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh karakteristik individu terhadap kinerja karyawan di PT Telkom Indonesia Tbk Regional Bengkulu. 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan di PT Telkom Indonesia Tbk Regional Bengkulu. 3) mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT Telkom Indonesia Tbk Regional Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersumber dari data primer melalui pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara offline untuk memperoleh informasi dari responden. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden karyawan tidak tetap PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Regional Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT Telkom Indonesia Tbk Regional Bengkulu. 2) kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT Telkom Indonesia Tbk Regional Bengkulu. 3) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PT Telkom Indonesia Tbk Regional Bengkulu. Hasil daripada penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan kepada PT Telkom Indonesia Tbk Regional Bengkulu untuk lebih memperatikan dan meningkatkan karakteristik individu, kompetensi dan motivasi kerja karyawan agar mampu mencapai kinerja yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:03
Last Modified: 04 Apr 2024 03:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17830

Actions (login required)

View Item View Item