PENGARUH CELEBRITY ENDORSER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION BRAND LOKAL ERIGO STORE DI INDONESIA

Sagita Pujakusuma, Yolan and Rima, Suthia Hayu and Effed, Darta Hadi (2022) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION BRAND LOKAL ERIGO STORE DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_YolanSagitaPujakusuma(C1B018004).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangannya, internet telah menawarkan sesuatu yang baru yaitu media sosial. Salah satu media sosial yang banyak digunakan pada saat ini adalah Instagram. Banyaknya online shop yang muncul di Instagram menjadikan fenomena baru di kalangan masyarakat. Instagram dijadikan media dalam mempromosikan maupun menjual produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser melalui media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian fashion brand lokal Erigo Store di Indonesia. Keputusan pembelian merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk melakukan pembelian yang nyata dengan melalui proses. Instagram adalah aplikasi yang memiliki fungsi untuk berbagi foto dan video bagi para pengguna. Celebrity endorser adalah artis yang digunakan sebagai bintang iklan di media-media, mulai dari media cetak, media sosial, maupun media televisi. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen Erigo Store di Indonesia, dan sampel yang digunakan adalah 200 responden. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari jawaban kuesioner responden sebagai objek penelitian. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien beta variabel visibility (X1) sebesar 0,125 dengan nilai signifikan sebesar 0,035 < 0,05. Nilai koefisien beta variabel credibility (X2) sebesar 0,141 dengan nilai signifikan sebesar 0,034 < 0,05. Nilai koefisien beta variabel attraction (X3) sebesar 0,174 dengan nilai signifikan sebesar 0,013 < 0,05. Nilai koefisien beta variabel power (X4) sebesar 0,532 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai f sebesar 282,89 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan. Diharapkan perusahaan lebih meningkatkan lagi penggunaan celebrity endorser agar semakin tinggi keputusan pembelian produk fashion brand lokal Erigo Store di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:08
Last Modified: 04 Apr 2024 03:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17831

Actions (login required)

View Item View Item