Ilmah, Zakhiatul and Fachri, Eka Saputra and Sularsih, Anggarawati (2022) PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT BELI YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP (Studi Pada Pengguna Kosmetik Wardah di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
ZAKHIATUL ILMAH.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan dunia bisnis di era globalisasi dan kemajuan pertumbuhan muslim di dunia saat ini dimana konsumen telah mengalami perubahan pola dan hidup dan konsumsi dimana saat ini konsumen memiliki beragam pilihan dan alternatif produk atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhannya. Mengkonsumsi kosmetik halal bukanlah suatu hal yang baru saja terjadi, namun sudah menjadi suatu kebutuhan khusus bagi perempuan muslim. Niat beli kosmetik halal berarti perasaan secara sadar seseorang untuk membeli produk kosmetik halal. Dalam hal ini semakin positif sikap konsumen pada produk kosmetik halal, semakin kuat niat konsumen untuk membeli produk tersebut. Sikap konsumen terhadap pembelian produk kosmetik halal tentu saja diyakini secara positif berkaitan dengan dengan sikap. Ketika sikap konsumen terhadap kosmetik halal positif, maka sikap konsumen terhadap pembelian produk kosmetik halal juga akan cenderung positif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh pengetahuan terhadap sikap produk kosmetik halal (2) Untuk menguji pengaruh religiusitas terhadap sikap produk kosmetik halal (3) Untuk menguji pengaruh norma subjektif terhadap sikap produk kosmetik halal (4) Untuk menguji pengaruh sikap terhadap niat beli produk kosmetik halal (5) Untuk menguji pengaruh pengetahuan terhadap niat beli produk kosmetik halal (6) Untuk menguji pengaruh religiusitas terhadap niat beli produk kosmetik halal (7) Untuk menguji pengaruh norma subjektif terhadap niat beli produk kosmetik halal (8) Untuk menguji efek mediasi sikap pada pengetahuan terhadap niat beli produk kosmetik halal (9) Untuk menguji efek mediasi sikap pada religiusitas terhadap niat beli produk kosmetik halal (10) Untuk menguji efek mediasi sikap pada norma subjektif terhadap niat beli produk kosmetik halal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner online melalui media sosial untuk mendapatkan informasi dari responden. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna kosmetik Wardah kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik pusposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 245 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan konsumen, maka semakin tinggi juga tingkat sikap dalam membeli produk kosmetik halal. Religiusitas berpengaruh positif dansignifikan terhadap sikap. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dan baik tingkat religiuistas seseorang, maka semakin tinggi juga tingkat sikap konsumen menggunakan produk kosmetik halal. Norma subjektif berpengaruh positif terhadap dan signifikan terhadap sikap. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat norma subjektif konsumen, maka semakin tinggi juga tingkat sikap konsumen menggunakan produk kosmetik halal. Sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat daya tarik yang dimiliki konsumen yang berkeinginan untuk membeli produk kosmetik halal, maka tingkat niat beli konsumen terhadap produk kosmetik halal juga akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan berpengaruh positif terhadap niat beli. Hasil temuan berarti bahwa semakin tinggi sikap konsumen terhadap pengetahuan kosmetik halal, maka semakin tinggi juga keterkaikatan konsumen berkeinginan untuk membeli produk kosmetik halal. Hasil penelitian menunjukkan religiusitas berpengaruh negatif terhadap niat beli. Hasil temuan ini berarti bahwa keagamaan memengaruhi konsumen yang berkeinginan untuk membeli produk kosmetik halal. Hasil penelitian menunjukkan norma subjektif berpengaruh positif terhadap niat beli. Hasil temuan ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat norma subjektif, maka semakin tinggi juga berkeinginan untuk membeli pruduk kosmetik halal Penelitian ini dalam menguji mediasi menghasilkan kesimpulan sebagai berikut, yaitu pengetahuan dimediasi oleh sikap terbukti berpengaruh signifikan terhadap niat beli produk kosmetik halal. Pengujian mediasi dapat dilakukan atau mampu membuktikan bahwa variabel sikap dalam penelitian ini sebagai variabel mediasi. Religiusitas dimediasi oleh sikap terhadap niat beli kosmetik halal terbukti. Hubungan religiusitas terhadap niat beli yang dimediasi oleh sikap ini bersifat positif. Pengujian mediasi dapat dilakukan atau mampu membuktikan bahwa variabel sikap dalam penelitian ini sebagai variabel mediasi. Norma subjektif terhadap niat beli yang dimediasi oleh sikap ini bersifat positif. Pengujian mediasi dapat dilakukan atau mampu membuktikan bahwa variabel sikap dalam penelitian ini sebagai variabel mediasi. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian terdapat beberapa saran yang dapat diberikan berkaitan dengan sikap, pengetahuan produk, religiusitas, norma subjektif yang dirasakan, dan niat beli kosmetik halal pada pengguna kosmetik Wardah, yaitu: (1) Disarankan konsumen dapat memperhatikan label halal yang tertera pada produk kosmetik yang ingin di konsumsi, (2) Disarankan untuk penelitian selanutnya dapat menambahkan lebih banyak literatur yang relevan dan topik penelitian, (3) Diharapkan penelitian selanutnya dapat mempertimbangkan beberapa variabel lain dan dapat mengkombinasi variabel luar yang sudah masuk dalam penelitian ini, (4) Diharapkan penelitian selanjutnya dapat memperluas daerah survei tidak hanya pada konsumen di kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 03:24 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 03:24 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17833 |
Actions (login required)
View Item |