IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi Kasus Terhadap Pengelolah Seni Rentak Gading Kota Bengkulu)

Sari, Indah Permata and Suardi, Jasma and Ririn, Gusti (2022) IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi Kasus Terhadap Pengelolah Seni Rentak Gading Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI INDAH PERMATA SARI A1J018051 CD CETAK .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mndeskripsikan identifikasi kebutuhan belajar remaja putus sekolah di sanggar rentak gading. peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus teknik yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji validasi data peneliti menggunakan teknik trianggulasi waktu, trianggulasi subjek dan trianggulasi teknik. penelitian ini mengambil 5 (lima) orang responden, yang terdiri dari ketua, pelatih, dan tiga warga belajar yaitu remaja putus sekolah. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sanggar rentak gading melakukan identifikasi kebutuhan belajar tetapi tidak secara detail di sanggar seni rentak gading di karenakan adanya kesenjangan kebutuhan belajar yang belum terpenuhi, sehingga membuat warga belajar kurang berminat untuk belajar di sanggar. kedua identifikasi kesenjangan kebutuhan belajar remaja putus sekolah di sanggar seni rentak gading akan apa yang di harakan dengan apa yang dimiliki sekarang terjadi kesenjangan pendidikan dan juga sarana dan praserana pembelajaran yang belum memadai. ketiga tidak terpenuhinya, analisis performance yang dilakukan sanggar yaitu dengan melakukan proses latihan dalam kebutuhan belajar, keempat, identifikasi hambatan kebutuhan belajar di remaja putus sekolah di sanggar seni rentak gading adalah para warga belajar yang lambat dalam proses pembelajaran warga belajar mempunyai motivasi belajar yang kurang, kelima identifikasi karakteristik peserta didik kebutuhan belajar remaja putus sekolah di sanggar seni rentak gading adalah sanggar rentsk gading hanya melakukan dan mengetahui melalui biodata warga belajar, keenam identifikasi tujuan kebutuhan belajar di remaja putus sekolah di sanggar seni rentak gading adalah ketidak percapaian kebutuhan belajar warga belajar. ketujuh merumuskan masalah remaja putus sekolah di sanggar seni rentak gading adalah belum terpenuhnya kebutuhan belajar remaja putus sekolah di sanggar seni rentak gading. Kata kunci :Pendidikan, Sanggar Seni, Pelatihan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:13
Last Modified: 23 Apr 2024 04:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17856

Actions (login required)

View Item View Item