Anggilia, Vira and Abdul, Rahman and Bhakti, Karyadi (2022) PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN PTERYGOTA DI PERKEBUNAN SAYUR DESA SUBAN AYAM SEBAGAI BUKU UNIT PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Vira Anggilia_SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman serangga bersayap di perkebunan sayur Desa Suban Ayam, kemudian disusun dalam Buku Unit Pembelajaran (BUP) Insekta Pterygota. Tahapan penelitian penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu 1) Analisis, 2) Desain, dan 3) Pengembangan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif berdasarkan hasil penelitian berdasarkan hasil inventarisasi serangga, hasil validasi dan uji respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 24 spesies, 15 famili, 7 ordo yang terdapat di perkebunan sayur Desa Suban Ayam. Spesies yang paling banyak ditemukan adalah Vanessa cardui sebanyak 48 individu. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 94,23% dengan kriteria sangat layak, ahli media sebesar 96,15% dengan kriteria sangat layak dan ahli praktisi 96,87% dengan kriteria sangat layak. Uji respon peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 02 Rejang Lebong memperoleh rata-rata persentase sebesar 71,83% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku unit pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tingkat SMA/MA kelas X materi keanekaraman hayati. Kata kunci: Buku Unit Pemebelajaran, Insekta Pterygota, Perkebunan Sayur
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 04:30 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 04:30 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17871 |
Actions (login required)
View Item |