PENERAPAN STRATEGI LINGKUNGAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN PADA RUMAH SAKIT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Monika, Tiara and Halimatusyadiah, Halimatusyadiah and Darman, Usman (2021) PENERAPAN STRATEGI LINGKUNGAN DAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN PADA RUMAH SAKIT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Rizka Annisya Putri Latifah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang tertuang dalam UU No.32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Perusahaan memiliki kewajiban untuk melindungi atau membatasi eksploitasi terhadap alam dalam melakukan kegiatan operasionalnya. Rumah sakit dinilai menghasilkan limbah yang sangat berbahaya dalam kegiatannya. Limbah tersebut dapat dalam bentuk padat, cair, pasta (gel) maupun gas yang dapat mengandung mikro organisme pathogen bersifat infeksius, bahan kimia beracun dan sebagian bersifat radioaktif. Sehingga penting bagi rumah sakit untuk melakukan usaha yang dapat mengurangi dampak negatif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi lingkungan dengan akuntansi manajemen lingkungan pada rumah sakit yang terdafttar di BEI, Terdapat 3 sampel penelitian yang digunakan dalam retan waktu 2 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian dalam penelitian ini diukur dengan variabel dummy, variabel dummy hanya memiliki dua nilai yaitu 0 dan 1. Nilai 0 digunakan untuk menggambarkan tidak terdapat pengungkapan dalam laporan tahunan dan laporan keberlanjutan, dan nilai 1 menggambarkan adanya pengungkapan. Data yang digunakan adalah data sekunder dan bersifat kualitatif, data tersebut kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan variabel strategi lingkungan dan akuntansi manajemen lingkungan sudah masuk dalam klasifikasi “Baik”. Walaupun begitu masih ada beberapa poin yang masih dapat ditingkatkan lagi sehingga dapat memberikan dampak yang lebih baik lagi untuk kualitas lingkungan. Secara praktis penelitian ini dapat memberikan masukan kepada rumah sakit dalam memberikan gambaran penerapkan strategi lingkungan dan akuntansi manajemen lingkungan pada rumah sakit, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan penggunaan strategi lingkungan dan akuntansi manajemen lingkungan agar tujuan perusahaan dapat tercapai tanpa mengabaikan aspek lingkungan. Secara teoritis, hasil penelitian ini mampu menambah dan mengembangkan wawasan, informasi, pemikiran dan ilmu pengetahuan. Keterbatasan penelitian ini yaitu tidak semua rumah sakit yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia telah menerbitkan laporan keuangan pada periode yang ditentukan dan data lingkungan yang disajikan dalam laporan belum semuanya menyajikan informasi yang ingin diteliti. Data-data untuk biaya kualitas lingkungan juga belum menyajikan informasi dengan nilai nominal secara lebih rinci. Serta biaya yag disajikan masih tergabung dengan dengan biaya lainnya yang terjadi akibat usaha dari rumah sakit dalam usaha memperbaiki kualitas lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:09
Last Modified: 25 Apr 2024 08:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17876

Actions (login required)

View Item View Item