PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PADA MASYARAKAT KOTA BENGKULU

Rasyid, Abdur and Chairil, Afandy and Fitri, Santi (2020) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PADA MASYARAKAT KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_Abdur Rasyid_C1B016047_PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP INKLU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Orang yang mempunyai tingkat literasi keuangan yang rendah akan mudah dibohongi dalam menggunakan uangnya dan sebaliknya (Lestari, 2015). Otoritas Jasa Keuangan menyatakan bahwa peningkatan literasi keuangan akan diikuti oleh pertumbuhan indeks inklusi keuangan. Namun, tingkat literasi keuangan masyarakat masih terpaut jauh dengan indeks inklusi keuangan. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan didukung tingkat penetrasi internet yang pesat, menimbulkan beberapa layanan keuangan digital yang mempermudah masyarakat untuk mendapat layanan keuangan yang disebut financial technology. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (2017), semakin meningkatnya penggunaan financial technology menjadi salah satu pendorong untuk meningkatkan inklusi keuangan nasional. Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi inklusi keuangan antara lain yaitu tingkat financial literacy masyarakat di suatu Negara dan tingkat penerapan Financial Technology. Ada tiga dimensi dari literasi keuangan yang bisa menjadi penghambat inklusi keuangan yaitu financial knowledge, financial behaviour, dan financial attitude (OECD, 2016). Ada tiga dimensi dari financial technology yang mempunyai pengaruh inklusi keuangan yaitu transaksi online, Market Agregator, dan Risk & Investment Management. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah literasi keuangan berpengaruh terhadap inklusi keuangan masyarakat kota Bengkulu dan apakah perilaku penggunaan financial technology berpengaruh terhadap inklusi keuangan masyarakat kota Bengkulu. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan dan perilaku penggunaan financial technology terhadap Inklusi Keuangan masyarakat kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel dependen yaitu inklusi keuangan dan dua variabel independen yaitu literasi keuangan dan perilaku penggunaan financial technology. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner online kepada masyarakat di kota Bengkulu. Populasi penelitian adalah 368.080 penduduk di kota Bengkulu (Badan Pusat Statistik, 2018). Setelah kuesioner tersebar diperoleh 300 kuesioner yang kembali. Hasil penelitian menggunakan SPSS menunjukkan bahwa seluruh item pernyataan untuk variable penelitian ini valid dan reliabel. Dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dalam pengujian hipotesis bahwa ada dua hipotesis yang diterima. Hasil pengujian hipotesis 1 menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap tingkat inklusi keuangan masyarakat kota Bengkulu. Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukan bahwa perilaku penggunaan financial technology berpengaruh positif terhadap tingkat inklusi keuangan masyarakat kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Apr 2024 09:20
Last Modified: 26 Apr 2024 09:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17899

Actions (login required)

View Item View Item