PENGARUH KEPRIBADIAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PEGAWAI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BENGKULU

Metrian Doli, Aldi and Nasution, Nasution and Praningrum, Praningrum (2021) PENGARUH KEPRIBADIAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PEGAWAI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI aldi metrian doli.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pegawai merupakan sumber daya manusia utama di organisasi, pengelolaan sumber daya manusia yang dilakukan organisasi meliputi rekrutmen, pelatihan, pengembangan, kompensasi serta pemberian reward atas kontribusi pegawai kepada organisasi. Melalui kegiatan tersebut organisasi dapat mempertahankan kualitas serta loyalitas pegawai pada organisasi. Kontribusi yang optimal dari pegawai merupakan sebuah bentuk pengabdian terhadap organisasi, sehingga organisasi perlu mempertahankannya dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menguji pengaruh kepribadian terhadap organizational citizenship behavior (OCB) diLPKA Kelas II Bengkulu dan (2) Menguji pengaruh locus of controlterhadap organizational citizenship behavior (OCB) diLPKA Kelas II Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu fenomena tertentu menggunakan perhitungan angka angka statistik. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian ini adalah pegawai LPKA Kelas II Bengkulu sebanyak 62 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil: (1) Kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCBpegawai LPKA Kelas II Bengkulu. Hasil ini bermakna jika semakin baik kepribadian maka OCBpegawai semakin baik; dan (2) Locus of controlberpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB pegawai LPKA Kelas II Bengkulu. Hasil ini bermakna jika semakin baiklocus of controlmakaOCB pegawai semakin baik.Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan adalah sebagai berikut: (1) LPKA Kelas II Bengkulu untuk terusmenjaga OCB dengan pegawainya. Upaya yang dapat dilakukan antaralain, membina dan menjaga hubungan antara atasan dan bawahan agartetap harmonis dan (2) Organisasi diharapkan untuk tetap menjaga dan meningkatkan sumberdaya pekerjaan untuk pegawai agar pegawai tetap terfasilitasi danmerasa beban diringankan oleh organisasi. Dukungan dari atasan sangat penting untukmembantu meringankan beban pekerjaan pegawai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:54
Last Modified: 29 Apr 2024 01:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17902

Actions (login required)

View Item View Item