PENGARUH OPINION LEADERSHIP, TRAVEL EXPERIENCE, REFLECTED APPRAISAL OF SELF, DAN SELF IMAGE CONGRUITY, TERHADAP PROPENSITY TO SHARE (eWOM) PADA DESTINASI WISATA POPULER DI INDONESIA (Studi pada Wisatawan Muda di Indonesia)

Widiahrini, Estri and Fachri, Eka Saputra (2020) PENGARUH OPINION LEADERSHIP, TRAVEL EXPERIENCE, REFLECTED APPRAISAL OF SELF, DAN SELF IMAGE CONGRUITY, TERHADAP PROPENSITY TO SHARE (eWOM) PADA DESTINASI WISATA POPULER DI INDONESIA (Studi pada Wisatawan Muda di Indonesia). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ESTRI WIDIAHRINI_C1B016024-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Electronic Word Of Mouth atau kecenderungan untuk berbagi melalui media sosial menjadi salah satu cara penyampaian pesan atau informasi masa kini. Promosi melalui media sosial merupakan cara yang mudah dan cepat untuk menarik wisatawan secara luas. Salah satunya dengan berbagi informasi terkait destinasi wisata populer di Indonesia yang akan mempermudah wisatawan mengetahui dengan pasti suatu destinasi wisata yang ada di Indonesia. Informasi yang dibagikan akan membantu calon wisatawan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan tujuan wisata yang mereka butuhkan. Hal ini juga penting bagi perusahaan pariwisata dan daerah-daerah wisata agar dapat memahami apa yang dibutuhkan oleh para wisatawan ketika mengunjungi suatu destinasi wisata, sehingga wisatawan memilih destinasi wisata yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah opinion leadership berpengaruh terhadap propensity to share, (2) apakah travel experience berpengaruh terhadap propensity to share, (3) apakah reflected appraisal of self berpengaruh terhadap propensity to share, (4) apakah self image congruity berpengaruh terhadap propensity to share. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan muda yang ada di Indonesia yang pernah mengunjungi destinasi wisata populer di Indonesia dan pernah mencari serta membagikan informasi terkait destinasi wisata populer tersebut ke media sosial. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 209 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic versi 22.0. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) opinion leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat opinion leadership wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada destinasi wisata populer di Indonesia. (2) travel experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat travel experience wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada destinasi wisata populer di Indonesia. (3) reflected appraisal of self berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat reflected appraisal of self wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada destinasi wisata populer di Indonesia. (4) self image congruity berpengaruh positif dan signifikan terhadap propensity to share, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat self image congruity wisatawan muda Indonesia, maka akan semakin tinggi juga tingkat propensity to share pada destinasi wisata populer di Indonesia. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman literatur tentang propensity to share, dan menyarankan kepada perusahaan pariwisata serta daerah-daerah yang terdapat destinasi wisata untuk lebih memperhatikan opinion leadership, travel experience, reflected appraisal of self , self image congruity agar mampu menarik wisatawan lebih banyak dan lebih luas untuk mengunjungi destinasi wisata yang ditawarkan. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih mendalam mengenai kecenderungan untuk berbagi ke media sosial terkait destinasi wisata populer yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:43
Last Modified: 29 Apr 2024 02:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17911

Actions (login required)

View Item View Item