NILAI BUDAYA DALAM FOTO JURNALISTIK (Analisis Semiotik Foto Headline Di Surat Kabar Harian Bengkulu Ekspress Edisi Ramadhan 1442 H./ 2021 M.)

DIRGANTARA, ELANG MUSI and Dhanurseto, Dhanurseto and Rasianna, Br Saragih (2022) NILAI BUDAYA DALAM FOTO JURNALISTIK (Analisis Semiotik Foto Headline Di Surat Kabar Harian Bengkulu Ekspress Edisi Ramadhan 1442 H./ 2021 M.). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ELANG MUSI DIRGANTARA (D1C017110).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi pada foto headline dan mengetahui nilai budaya dalam foto headline bertemakan Ramadhan di Surat Kabar Harian Bengkulu Ekspress. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Surat Kabar Harian Bengkulu Ekspress edisi ramadhan (12 April sampai 13 mei 2021) 1442 H/ 2021 M. Objek dalam penelitian ini adalah nilai budaya dalam foto jurnalistik menggunkan analisis semiotik foto headline di Surat Kabar Harian Bengkulu Ekspress. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika, yaitu semiotika Roland Barthes yang mengacu terhadap dua tanda (konotasi dan denotasi) kemudian menghasilkan mitos agar bisa memahami makna yang terkandung di dalam foto-foto yang menjadi headline pada harian Bengkulu Ekpress edisi Ramadan 2021. Dari empat foto sampel yang dianalisis, tidak semuanya memiliki keenam prosedur semiotika konotasi Roland Barthes, tetapi ada 6 prosedur yang lebih ditonjolkan seperti Pose, Object, Photogenia dan Aestheticism. Hal ini terlihat pada objek utama yang ditonjolkan, cara fotografer mengambil gambar, serta keterangan foto yang bersifat mengarahkan pembaca. Sedangkan dari segi nilai budaya, memberikan gambaran bahwa foto headline edisi Ramadhan 1442 H/2021 M. Memuat 5 nilai budaya yaitu; nilai agama, nilai kuasa, nilai ekonomi, nilai agama seni dan nilai solidaritas. Terdapat 3 tema besar mengenai Ramadan pada harian Kompas edisi 13 April 2021 – 13 Mei 2021 yakni tentang mudik dan tunjangan hari raya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:29
Last Modified: 29 Apr 2024 03:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17917

Actions (login required)

View Item View Item