ANALISIS KUANTITATIF KESESUAIAN BUKU PELAJARAN FISIKA KELAS X DENGAN KATEGORI LITERASI SAINS

Safhira, Nadzipa and Irwan, Koto and Connie, Connie (2022) ANALISIS KUANTITATIF KESESUAIAN BUKU PELAJARAN FISIKA KELAS X DENGAN KATEGORI LITERASI SAINS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Nadzipa Safhira A1E016048.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesesuaian materi dalam buku pelajaran fisika kelas x dengan kategori literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan, penyelidikan, cara berpikir, dan interaksi sains, teknologi dengan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu analisis isi (content analysis). Teknik analisis data yaitu dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari buku terbitan Erlangga menyajikan kategori literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 46%; sains sebagai penyelidikan sebesar 14%; sains sebagai cara berpikir sebesar 25%; dan interaksi sains, teknologi dengan masyarakat sebesar 15%. Untuk buku terbitan Yudhistira menyajikan kategori literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 50%; sains sebagai penyelidikan sebesar 14%; sains sebagai cara berpikir sebesar 24%; dan interaksi sains, teknologi dengan masyarakat sebesar 12%. Dari data tersebut, buku pelajaran fisika kelas x yang digunakan dalam proses pembelajaran pada umumnya lebih menekankan pada kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan. Kata kunci: Analisis, Literasi Sains, Buku Ajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 May 2024 06:36
Last Modified: 07 May 2024 06:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17952

Actions (login required)

View Item View Item