Azizah, Rahmiati and Hanifah, Hanifah and Ringki, Agustinsa (2022) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS XI REVISI 2017 MATERI TRANSFORMASI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI_A1C017026_RAHMIATI AZIZAH_PEN.MAT.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi transformasi pada buku teks matematika kurikulum 2013 kelas XI revisi 2017 terbitan Kemendikbud berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif dimana terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal latihan dan soal uji kompetensi materi transformasi pada buku teks matematika kelas xi revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Soal-soal latihan yang dianalisis berjumlah 5 soal dan soal uji kompetensi berjumlah 95 soal. Pada soal latihan memiliki tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 4 soal (80%) dan menganalisis sebanyak 1 soal (20%) serta tidak ditemukannya tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sedangkan pada soal uji kompetensi memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 11 soal (11,58%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 78 soal (82,10%) dan menganalisis sebanyak 6 soal (6.32%), serta tidak ada tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi transformasi belum bervariasi atau belum proporsional. Kata Kunci: Buku Teks Matematika, Soal, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:36 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17961 |
Actions (login required)
View Item |