PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA NIAT KUNJUNGAN KEMBALI KONSUMEN DI THE BENCOOLEN COFFEE AND RESTO KOTA BENGKULU

Rahma Fisia, Selly and Rina, Suthia Hayu and Seprianti, Eka Putri (2022) PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA NIAT KUNJUNGAN KEMBALI KONSUMEN DI THE BENCOOLEN COFFEE AND RESTO KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Bismillah skripsi selly fix_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Era globalisasi menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Di satu sisi, era globalisasi memperluas pasar produk dari perusahaan Indonesia, keadaan tersebut memunculkan persaingan yang makin ketat. Seperti halnya yang terjadi pada usaha cafe dan restaurant, dimana perkembangan usaha cafe dan restaurant di Indonesia pada saat ini cukup pesat. Dengan kondisi tersebut, maka peran aspek pemasaran sangat menunjang daya saing, dalam mengantisipasi kondisi persaingan tersebut utamanya dalam tujuan memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini dilakukan oleh pelaku bisnis khususnya di The Bencoolen Coffee And Resto dengan memperhatikan store atmosphere agar pelanggan nyaman dan merasa puas sehingga muncul keinginan untuk mengunjungi kembali. Niat untuk mengunjungi kembali adalah keinginan pengunjung untuk mengunjungi kembali dalam setahun dan mereka ingin kembali ke tujuan sesering mungkin Baker & Crompton (2000). Store atmosphere mengacu pada desain lingkungan seperti komunikasi visual, pencahayaan, warna, musik, dan aroma untuk mensimulasikan respon persepsi dan emosi pelanggan dan pada akhirnya mempengaruhi perilaku pembelian mereka Menurut Levy & Weitz (2012). Kepuasan pelanggan adalah jika kinerja di bawah harapan, pelanggan tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan, pelanggan puas. Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan sangat puas atau bahagia (Kotler dan Keller, 2016). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini ada 3 hipotesis yang di uji, pertama menguji pengaruh store atmosphere terhadap niat kunjungan kembali, kedua menguji pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat kunjungan kembali, dan ketiga menguji store atmosphere dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap niat kunjungan kembali. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner offline. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen The Bencoolen Coffee And Resto Bengkulu yang pernah mengunjungi cafe tersebut. Jumlah responden dalam penelitian ini yang diolah adalah sebanyak 150 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat kunjungan kembali. Hal ini berarti, jika store atmosphere meningkat, maka niat kunjungan kembali akan meningkat. 2) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat kunjungan kembali. Hal ini berarti, kepuasan pelanggan meningkat maka niat kunjungan kembali akan mengalami peningkatan juga. (3) store atmosphere dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat kunjungan kembali. Hal ini berarti, jika store atmosphere dan kepuasan pelanggan meningkat maka niat kunjungan kembali akan mengalami peningkatan juga. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa semakin tingginya store atmosphere dan kepuasan pelanggan, maka akan semakin tinggi pula niat kunjungan kembali kosumen ke The Bencoolen Coffee And Resto di Kota Bengkulu. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa (1) store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat kunjungan kembali. 2) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat kunjungan kembali. (3) store atmosphere dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat kunjungan kembali Hal ini berarti, jika store atmosphere dan kepuasan pelanggan meningkat maka niat kunjungan kembali akan mengalami peningkatan juga. Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi pelaku usaha The Bencoolen Coffee And Resto di Kota Bengkulu untuk dapat memperhatikan variable-variabel yang secara langsung dapat meningkatkan store atmosphere dan produk yang ditawarkan dengan memberikan penawaran-penawaran yang berbeda diantara café lainnya, dan membuat konsumen ingin mengunjungi kembali

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 May 2024 05:06
Last Modified: 07 May 2024 05:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item