PERCEIVED IMPACT OF TOURISM, PLACE ATTACHMENT, PERCEIVED VALUE OF TOURISM DEVELOPMENT, TERHADAP PLACE IMAGE, SERTA IMPLIKASI PADA SUPPORT FOR TOURISM DEVELOPMENT DI INDONESIA

Mahalia, Triksi and Seprianti, Eka Putri and Rina, Suthia Hayu (2022) PERCEIVED IMPACT OF TOURISM, PLACE ATTACHMENT, PERCEIVED VALUE OF TOURISM DEVELOPMENT, TERHADAP PLACE IMAGE, SERTA IMPLIKASI PADA SUPPORT FOR TOURISM DEVELOPMENT DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Triksi Mahalia C1B017026 MGT'17 dataku-converted_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Dukungan untuk pembangunan pariwisata sangat penting khususnya pembangunan wisata yang ada di Indonesia. Support for tourism development karena masyarakat paling berperan didalam suatu destinasi sebagai teori paling popular untuk menjelaskan anteseden penduduk untuk pariwisata, jika warga percaya bahwa manfaatnya pembagunanan pariwisata melebihi biaya, mereka lebih positif dan mendukung tentang industri pariwisata penduduk lokal,berdasarkan persepsi mereka tentang nilai pariwisata, mungkin mendukung atau tidak mendukung perkembangan pariwisata lebih lanjut,dan dukungan mereka dijadikan persyaratan paling penting untuk suatu destinasi (Agapito et al., ,2010). Penelitian ini melihat seberapa besar Support for tourism development yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Karena dukungan untuk pembangunan wisata sangat penting bagi majuan wisata di Indonesia terutama masyarakat yang ada yang tinggal di sekitar destinasi wisata. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan riset kepustakaan dan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di Indonesia. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 200 responden. Analisis dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan SmartPLS 3.2.8. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perceived impact of tourism, place attachment, perceived value of tourism development, place image berpengaruh signifikan terhadap support for tourism development. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian ini terdapat beberapa saran yang dapat diberikan:1.) Lebih meningkatkan lagi pembangunan pariwisata di Indonesia agar mampu memberikan peluang kerja bagi masyarakat yang membutuhkan. Terlihat dari variabel place image bahwa destinasi wisata harus mempunyai layanan hiburan yang bisa membuat wisatawan bisa memiliki keterikatan dan merasa destinasi wisata sangat berpengaruh positif. 2.) Meningkatkan suasana alami dan unik di lingkungan sekitar destinasi, seperti membangun spot selfie bagi wisatawan yang berkunjung. Hal ini terlihat respon dari wisatawan yang memberikan penilaian sangat tinggi terhadap suasana dari destinasi wisata di Indonesia. Sehingga ini akan mendorong wisatawan untuk lebih peduli dan mengharga terhadap lingkungan destinasi wisata di Indonesia. 3.) Pemerintah dan masyrakat harus saling mendukung pembangunan destinasi wisata di Indonesia agar memiliki dampak yang positif bagi wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata dengan adanya saling mendukung antara keduanya akan menciptakan citra tempat yang diharapakan semua wisatawan dan membuat wisatawan merasa terikat pada suatu destinasi yang dinilai positif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 May 2024 06:29
Last Modified: 07 May 2024 06:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17970

Actions (login required)

View Item View Item