JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT BANK BENGKULU

Allena Putri, Zalita and Sugeng, Susetyo and Fahrudin, JS Pareke (2022) JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT BANK BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi zalita allena_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Demi tercapainya keberhasilan perusahaan, perusahaan membutuhkan karyawan yang bersedia melakukan lebih dari sekedar tugas utamanya, yang akan memberikan kinerja yang melebihi harapan. Penelitian ini dilakukan untuk: (1) Menguji dan menganalisis pengaruh Emotional Intelligence terhadap Organizational Citizenship Behavior pada karyawan di PT Bank Bengkulu. (2) Menguji dan menganalisis pengaruh Emotional Intelligence terhadap Job Satisfaction pada karyawan di PT Bank Bengkulu. (3) Menguji dan menganalisis pengaruh Job Satisfaction terhadap Organizational Citizenship Behavior pada karyawan di PT Bank Bengkulu. (4) Menguji dan menganalisis Job Satisfaction memediasi hubungan Emotional Intelligence dengan Organizational Citizenship Behavior pada karyawan di PT Bank Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner secara offline untuk mendapatkan informasi responden. Dalam menguji dan menganalisis datanya menggunakan SPSS.16 for Windows. Sampel dalam penelitian ini 142 karyawan PT Bank Bengkulu. Teknik pengambilan sampel dengan metode sensus. Penelitian menggunakan analisis regresi termediasi. Dengan menggunakan hipotesis yang dihasilkan bahwa variabel job satisfaction dinyatakan sebagai mediasi parsial. Hasil analisis data yang dilakukan menghasilkan seluruh item pernyataan untuk variabel dalam penelitian ini valid dan reliabel. Dalam pengujian hipotesis dihasilkan bahwa : (1) Emotional Intelligence berpengaruh positif signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT Bank Bengkulu. (2) Emotional Intelligence berpengaruh positif signifikan terhadap job satisfaction pada karyawan PT Bank Bengkulu. (3) Job satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT Bank Bengkulu. (4) Job satisfaction memediasi Emotional Intelligence pada organizational citizenship behavior. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan kepada pihak PT Bank Bengkulu agar dapat lebih meningkatkan memahami perasaan diri sendiri dan orang lain serta meningkatkan perilaku OCB antar rekan kerja. Selain itu pihak PT Bank Bengkulu lebih memperhatikan job satisfaction karyawan agar merasa puas atas pekerjaan yang telah dilakukan demi tercapainya keberhasilan suatu perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 May 2024 07:52
Last Modified: 07 May 2024 07:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item View Item