PENGELOLAAN USAHA MENJAHIT OLEH PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus Tentang Faktor Penggerak Bapak Jumadi Penyandang Disabilitas)

Anggara, Deka Okto and Rufran, Zulkarnain and Suardi, Jasma (2021) PENGELOLAAN USAHA MENJAHIT OLEH PENYANDANG DISABILITAS (Studi Kasus Tentang Faktor Penggerak Bapak Jumadi Penyandang Disabilitas). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Deka Okto Anggara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Faktor internal (fisiologi) usaha menjahit oleh penyandang disabilitas, 2) Faktor eksternal (sosiologi) usaha menjahit oleh penyandang disabilitas. Peneliti ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan subjek peneliti bapak Jumadi Lubis sebagai pemilik usaha menjahit Majumadi, bapak Aprizal Sayuno anak dari pak Jumadi, dan ibu Okju Mayang Sari S.Pd anak pak Jumadi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi, teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi subjek, trianggulasi waktu, trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan: 1) faktor internal (fisiologi) usaha menjahit oleh penyandang disabilitas yaitu a) faktor kebutuhan makanan minum pak Jumadai dalam mengelola usaha menjahit penyandang disabilitas yaitu tercapainya kebutuhan makan minum pak jumadi penjahit disabilitas, b) kebutuhan pakaian pak jumadi penjahit disabilitas yaitu adanya pakaian yang digunakan setiap harinya dalam proses menjahit, c) kebutuhan tempat tinggal pak jumadi usaha menjahit disabilitas yaitu adanya rumah yang dimiliki oleh pak jumadi penjahit disabilitas, d) kebutuhan obat-obatan yang mempengaruhi bapak Jumadi dalam menjalanka usaha menjahit disabilitas yaitu terpenuhinya kebutuhan obat yang diperlukan pak jumadi usaha menjahit disabilitas. 2) faktor eksternal (sosiologi) usaha menjahit oeleh penyandang disabilitas yaitu terdapat faktor penggerak bapak Jumadi yaitu adanya a) faktor kebutuhan teman usaha menjahit disabilitas yaitu adanya kunjungan teman pak jumadi ditempat usaha menjahit pak jumadi disabilitas, b) kebutuhan afiliasi usaha menjahit disabilitas yaitu adanya hubungan baik antara pak jumadi dengan pelanggan maupun masyarakat sekitar, c) kebutuhan interaksi, dan kebutuhan cinta. Dalam melakukan usaha menjahit pak Jumadi tidak membutuhkan alat batu meskipun dengan keterbatasan fisik yang kurang sehinggal hal inilah yang membedakan penjahit pak Jumadi dengan penjahit lainya. Kata kunci : penggerakan, Faktor internasl (fisiologi), Faktor ekternasl (sosiologi)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 May 2024 01:44
Last Modified: 14 May 2024 01:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17979

Actions (login required)

View Item View Item