ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PRODUKSI, PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHA PEMBESARAN IKAN NILA PADA SKALA USAHA YANG BERBEDA DI KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA

Ainun, Cahyati and Bambang, Sumantri and Sriyoto, Sriyoto (2022) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PRODUKSI, PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHA PEMBESARAN IKAN NILA PADA SKALA USAHA YANG BERBEDA DI KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AINUN CAHYATI (E1D017013).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memberikan komitmen tinggi terhadap pembangunan ketahanan pangan. Sebagai negara Agraris, Indonesia menempatkan pembangunan di bidang pertanian menjadi prioritas utama. Sektor pertanian sendiri dalam arti sempit terdiri dari berbagai subsector salah satunya adalah subsektor perikanan. Menurut Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1985 tentang perikanan dapat disimpulkan salah satu sub sektor pertanian yang sangat berperan dalam pembudidayaan sumberdaya di perairan adalah usaha perikanan khususnya perikanan budidaya. Kecamatan Padang Jaya menjadi salah satu daerah yang berpotensi untuk di kembangkan sebagai salah satu wilayah penghasil jenis ikan budidaya. Sehingga pada tahun 2009 Kecamatan Padang Jaya telah ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai daerah Minapolitan yang berfokus pada kemajuan sektor perikanan dan telah ditetapkan sebagai pusat produksi ikan air tawar. Salah satu tantangan yang menarik perhatian dalam usaha budidaya ikan Nila di Kecamatan Padang Jaya adalah belum optimalnya penggunaan faktor-faktor produksi dalam usaha budidaya. Mengingat selama ini para petani ikan Nila melakukan kegiatan budidaya hanya karena aktivitas mereka yang turun-temurun tanpa mengetahui dan memperhitungkan factor-faktor produksi yang paling berpengaruh dalam usaha pembesaran ikan Nila itu sendiri. Selain itu pemasaran juga berperan penting terhadap usaha budidaya, dengan adanya pemasaran maka konsumen akan mengetahui produk berupa hasil ikan budidaya yang dilakukan oleh petani di Kecamatan Padang Jaya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usaha pembesaran ikan Nila pada skala usaha yang berbeda, menganalisis Bentuk saluran dan distribusi pemasaran ikan Nila, menganalisis besaran margin pemasaran ikan Nila, dan menganalisis pendapatan usaha pembesaran ikan Nila pada skala usaha yang berbeda di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive). Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode proportional stratified random sampling. Responden yang diambil sebanyak 144 petani ikan Nila. Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder, dengan meggunakan metode Analisis Fungsi produksi Cobb￾Douglas, Analisis saluran dan distribusi pemasaran, margin pemasaran, serta Analisis Pendapatan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Faktor-faktor Produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi Usaha pembesaran ikan Nila Pada Skala Usaha Luas yaitu Luas Kolam, Jumlah Pakan Setara merk Newhope Aqua Feed-Omega, jumlah tenaga kerja, Obat-obatan setara cair, dan jumlah penggunaan pupuk/kapur. Faktor-faktor Produksi yang tidak berpengaruh terhadap produksi Usaha pembesaran ikan Nila Pada Skala Usaha Luas yaitu jumlah benih setara ukuran 3x5 cm. Sedangkan pada Skala Usaha sempit Faktor�faktor Produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi Usaha pembesaran ikan Nila yaitu Luas lahan dan jumlah benih setara ukuran 3x5 cm, dan Faktor-faktor Produksi yang tidak berpengaruh terhadap produksi Usaha pembesaran ikan Nila Pada Skala Usaha sempit yaitu Jumlah Pakan Setara merk Newhope Aqua Feed-Omega, jumlah tenaga kerja, Obat-obatan setara cair, dan jumlah penggunaan pupuk/kapur. Saluran dan distribusi pemasaran ikan Nila di Kecamatan Padang Jaya memiiki tiga bentuk saluran pemasaran yaitu : (1) Produsen ikan Nila - Pedagang Pengumpul Desa - Pedagang Pengumpul Kecamatan– Pedagang Pengumpul Besar - Pedagang Pengecer�Konsumen. (2) Produsen ikan Nila - Pedagang Pengumpul Desa - Pedagang Pengumpul Besar - Pedagang Pengecer – Konsumen. (3) Produsen ikan Nila - Pedagang Pengumpul Desa – Konsumen. Margin Pemasaran ikan Nila pada saluran I dan II diperoleh nilai sebesar Rp. 8.500/Kg. Sedangkan besaran margin pada Saluran III yaitu sebesar Rp. 6.500/Kg. Rata-rata pendapatan petani ikan Nila dalam usaha pembesaran Ikan Nila di Kecamatan Padang Jaya pada skala usaha luas adalah sebesar Rp. 41.427.533/MT dan pendapatan petani ikan Nila dalam usaha pembesaran Ikan Nila di Kecamatan Padang Jaya pada skala usaha sempit adalah sebesar Rp. 19.609.651/MT. Kata Kunci : Ikan Nila, Faktor-faktor Produksi, Skala Usaha, Pemasaran, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agronomy
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 08 May 2024 04:55
Last Modified: 08 May 2024 04:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17985

Actions (login required)

View Item View Item