IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR KETERAMPILAN BUDI DAYA TANAMAN PADI (Studi Kasus pada Kelompok Tani Gambung Kota Bengkulu)

Sianturi, Elisabet Mawarsari and M. Ilham, Abdullah and Suardi, Jasma (2022) IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR KETERAMPILAN BUDI DAYA TANAMAN PADI (Studi Kasus pada Kelompok Tani Gambung Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ELISABET MAWARSARI SIANTURI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui identifikasi kebutuhan belajar keterampilan budi daya tanaman padi studi kasus pada kelompok tani gambung Kota Bengkulu penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian banyak 4 orang dan teknik pengumpulan data mrnggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi mulai dari trianggulasi waktu, trianggulasi subjek dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kebutuhan belajar kelompok tani gambung tentang keterampilan budi daya tanaman padi adalah pemilihan bibit, penyemaian, penanaman, pencegahan hama dan penyakit, serta pemanenan yang didapat melalui orang tua mereka yang berprofesi sebgai petani, penyuluh pertanian, teman-teman petani yang sudah berpengalaman (2) Permasalahan yang dihadapi oleh petani dalam melaksanakan budidaya tanaman padi yaitu masalah kebutuhan teknologi pertanian modern, masalah yang dihadapi petani dengan membutuhkan bantuan pupuk, masalah yang dihadapi petani dalam pemasarannya didapatkan dari hasil wawancara yang telah dilakukan 4 sumber semua berprofesi sebagai petani (3) Faktor pendukung dalam upayah peningkatan produktivitas hasil keterampilan budi daya tanaman padi berdasarkan hasil temuan peneliti di lapangan dan teori yang ada dan mengetahui segi keberhasilan kebutuhan petani seperti luas lahan yang digarap yang dimiliki petani, pengalaman petani lamanya berusahanatani dalam usahatani padi, manfaat irigasi dalam kebutuhan melaksanakan keterampilan budidaya tanaman padi untuk mempermudah dalam mengelolah lahan sehingga pada penanaman padi tidak terhambat (4) Besar rata-rata hasil panen padi yang diperoleh dari kegiatan budidaya tanaman padi dilakukan saat padi dengan tingkat kemasakan gabah, Pengeringan petakan, tanam dengan kadar air antar a 25-30%, proses perontokan dengan menggunakan alat perontok padi yang tepat dan hasil panen juga yang didaptkan sesuai luas dengan banyak kotak yang dimilik petani. Kata Kunci : Kebutuhan, Belajar, Keterampilan, Budidaya, Kelompok Tani Gambung

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 May 2024 01:44
Last Modified: 14 May 2024 01:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17986

Actions (login required)

View Item View Item