FENOMENA KETERGANTUNGAN PENGGUNAAN GAWAI DI KALANGAN ANAK USIA DINI (Komunikasi Interpersonal antara orang tua dan anak)

ANANDA, YANUARDO FITRI and Gushevinalti, Gushevinalti and Rasianna, Br Saragih (2022) FENOMENA KETERGANTUNGAN PENGGUNAAN GAWAI DI KALANGAN ANAK USIA DINI (Komunikasi Interpersonal antara orang tua dan anak). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
A-SKRIPSI Yanuardo Fitri Ananda-Pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena ketergantungan penggunaan gawai di kalangan anak usia dini dan mengungkapkan permasalahan secara mendalam dan menyeluruh. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik oleh George Herbert Mead dengan inti perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh simbol yang diberikan oleh orang lain. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil Penelitian ini didapat dari narasumber dengan memakai metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data informasi dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap 7 informan penelitian, pengamatan non – partisipan dan dokumentasi penelitian. Teknik pemeriksaan informasi penelitian dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data informasi dilakukan melalui bentuk triangulasi data. Berdasarkan perincian masalah yang terkait dalam penelitian ini, lalu bisa ditarik kesimpulan bahwa kegiatan komunikasi ini dapat mengedepankan sikap keterbukaan pesan yang disampaikan kepada anak, dengan lebih menekankan pada dampak negative yang terjadi apabila terlalu lama bermain gawai tersebut, proses komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam mengawasi penggunaan gawai dapat terjadi dengan baik jika ditujukan dengan adanya sikap empat, sikap positif dan memberikan dukungan, serta kesetaraan dengan anak, maupun sebaliknya dengan tidak berempati, sikap positif dukungan maupun kesetaraan dengan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 15 May 2024 07:39
Last Modified: 15 May 2024 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item